UNIVERSITAS PATTIMURA

Welcome To My Blog

Rabu, 21 Desember 2022

Silabus Kelas X

 

SILABUS

MATA PELAJARAN MATEMATIKA WAJIB

Alokasiwaktu: 4 jam pelajaran/minggu

SEMESTER GANJIL DAN GENAP

SMA KRISTEN 1 AMAHAI

KELAS X (SEPULUH)

 

Kompetnsiinti

·         KI-1 dan KI-2:Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan kawasan internasional”.

·         KI 3: Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

·         KI4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan

 

Kompetensi Dasar

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

3.1.    Mengintepretasipersamaandanpertidaksamaannilaimutlakdaribentuk linear satuvariabeldenganpersamaandanpertidaksamaanlinear Aljabarlainnya.

Persamaan dan Pertidaksamaan LinearSatuVariabel yang Memuat Nilai Mutlak

-     Pengertianpersamaandanpertidaksamaan linear satu variable

-   Penerapanpersamaandanpertidaksamaan linear satuvariabel

·     Mengidentifikasikuantitas-kuantitasdanhubungan di antaranyadalammasalahkontekstualdanmerumuskanpersamaandan/ataupertidaksamaan linear satuvariabel yang memuatnilaimutlak yang sesuai.

·     Menggunakan ide-ide matematikauntukmenyelesaikanpersamaandan/ataupertidaksamaan linear satuvariabel yang memuatnilaimutlak.

·     Menafsirkandanmengevaluasipenyelesaianberdasarkankonteksmula-mula.

·     Mengomunikasikan proses danhasilpemecahanmasalah

·     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linearsatuvariabel yang memuat nilai mutlak

·     Menyajikan penyelesaian masalah yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linearsatuvariabel yang memuat nilai mutlak

4.1.    Menyelesaikanmasalah yang berkaitandenganpersamaandanpertidaksamaannilaimutlakdaribentuk linear satu variable

3.2.    Menjelaskandanmenentukanpenyelesaianpertidaksamaanrasionaldanirasionalsatuvariabel

Pertidaksamaan

mutlak,

pecahan, dan

irrasional

·   Mencermati pengertian, metode  penyelesaian pertidaksamaan dan nilai mutlak, pertidaksamaan  pecahan,irrasional dan mutlak, dan penerapannya pada masalah nyata dari berbagai sumber belajar

·   Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan mutlak, pecahan, dan irrasional

·   Menyajikan penyelesaian masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan mutlak, pecahan, dan irrasional

4.2.    Menyelesaikanmasalah yang berkaitandenganpertidaksamaanrasionaldanirasionalsatuvariabel

3.3.    Menyusunsistempersamaan linear tigavariabeldarimasalahkontekstual

Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel

-    Pengertian Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel

-    Penerapan Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel

·     Mengidentifikasikuantitas-kuantitasdanhubungan di antaranyadalammasalahkontekstualdanmerumuskansistem persamaan linear tiga variabel yang sesuai.

·     Menggunakan ide-ide matematikauntukmenyelesaikansistem persamaan linear tiga variabel.

·     Menafsirkandanmengevaluasipenyelesaianberdasarkankonteksmula-mula.

·     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear tiga variabel

·     Mengomunikasikan proses danhasilpemecahanmasalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear tiga variabel

4.3.    Menyelesaikanmasalahkontekstual yang berkaitandengansistempersamaan linear tiga variable

3.4.    Menjelaskandanmenentukanpenyelesaiansistempertidaksamaanduavariabel (linear-kuadratdankuadrat-kuadrat)

Sistempertidaksamaanduavariabel (linear-kuadratdankuadrat-kuadrat)

 

·   Mencermatipengertian, metode penyelesaian, kurva persamaan dalam sistem pertidaksamaan kuadrat dua variabel, dan penerapannya pada masalah nyata dari berbagai sumber belajar.

·   Merumuskan secara aljabar maupun manipulasi matematika lainnya tentang sifat-sifat yang berkaitan dengan sistem pertidaksamaan kuadrat dengan dua variabel

·   Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sistempertidaksamaanduavariabel (linear-kuadratdankuadrat-kuadrat)

·   Menyajikan pelesaian masalah yang berkaitan dengan sistempertidaksamaanduavariabel (linear-kuadratdankuadrat-kuadrat)

4.4.    Menyajikandanmenyelesaikanmasalah yang berkaitandengansistempertidaksamaanduavariabel (linear-kuadratdankuadrat-kuadrat

3.5.    Menjelaskandanmenentukanfungsi (terutamafungsi linear, fungsikuadrat, danfungsirasional) secara formal yang meliputinotasi, daerahasal, daerahhasil, danekspresisimbolik, sertasketsagrafiknya

Fungsi

-     RelasidanFungsi

-     OperasiAritmetika

-     KomposisiFungsi

-     Fungsi Linear

-     FungsiKuadrat

-     FungsiRasional

-     Fungsi Invers

·     Mengidentifikasihubunganantaradaerahasal, daerahhasilsuatufungsidanekspresisimbolik yang mendefinisikannyasertamendiskusikanhubungan yang teridentifikasidenganmenggunakanberbagairepresentasibersamatemannya.

·     Mengumpulkandanmengolahinformasiuntukmembuatkesimpulan, sertamenggunakanproseduruntukmenyelesaikanmasalahkontektual yang dinyatakandenganfungsilinear, fungsi kuadrat, dan fungsi rasional

·     Mengumpulkandanmengolahinformasiuntukmembuatkesimpulan, sertamenggunakanproseduruntukmelakukanoperasiaritmetikapadafungsi (penjumlahan, pengurangan, perkalian, danpembagian) danoperasikomposisipadafungsi

·     Mengamatidanmengidentifikasifaktapadafungsi invers yang akandigunakanuntukmenentukaneksistensinya

·     Mengumpulkandanmengolahinformasiuntukmembuatkesimpulan, sertamenggunakanproseduruntukmenyelesaikanmasalah yang berkaitandenganfungsi invers suatufungsi

·     Menyajikan penyelesaian masalah yang berkaitan dengan fungsi

4.5.    Menganalisakarakteristikmasing – masinggrafik (titikpotongdengansumbu, titikpuncak, asimtot) danperubahangrafikfungsinyaakibattransformasi f2(x), 1/f(x), |f(x)| dsb

3.6.    Menjelaskanoperasikomposisipadafungsidanoperasi invers padafungsi invers sertasifat-sifatnyasertamenentukaneksistensinya

4.6.    Menyelesaikanmasalah yang berkaitandenganoperasikomposisidanoperasi invers suatufungsi

3.7.    Menjelaskanrasiotrigonometri (sinus, cosinus, tangen, cosecan, secan, dancotangen) padasegitigasiku-siku

Trigonometri

-     PengukuranSudut

-     PerbandinganTrigonometripadaSegitigaSiku-Siku

-     Sudut-sudutBerelasi

-     IdentitasTrigonometri

-     Aturan Sinus danCosinus

-     FungsiTrigonometri

·     Mangamatidanmengidentifikasifaktapada radian danderajatsebagaisatuanpengukuransudut, sertahubungannya

·     Mengumpulkandanmengolahinformasiuntukmembuatkesimpulan, sertamenggunakanproseduruntukmenyelesaikanmasalah yang berkaitandenganpengukuransudutdalamsatuan radian atauderajat

·     Mangamatidanmengidentifikasifaktapadarasiotrigonometri (sinus, cosinus, tangen, cosecan, secan, dancotangen) padasegitigasiku-siku.

·     Mengumpulkan dan mengolah informasi untuk membuat kesimpulan, serta menggunakan prosedur untuk menyelesaikan masalah kontekstualyang berkaitan denganrasio trigonometri pada segitiga siku-siku

·     Mencermatidanmengidentifikasifaktapadarasio trigonometri untuk sudut-sudut di berbagai kuadran dan sudut-sudut berelasikemudianmembuatgeneralisasinya

·     Mengumpulkan dan mengolah informasi untuk membuat kesimpulan, serta menggunakan prosedur untuk menyelesaikanmasalahkontekstual yang berkaitandenganrasiotrigonometrisudut-sudut di berbagaikuadrandansudut-sudutberelasi

·     Mengamatidanmengidentifikasihubungan antara rasio trigonometri yang membentukidentitas dasar trigonometri.

·     Mengumpulkan dan mengolah informasi untuk membuat kesimpulan, serta menggunakan prosedurpembuktianidentitastrigonometri

·     Mengamatidanmengidentifikasifaktapadaaturan sinus dancosinussertamasalah yang terkait

·     Mengumpulkan dan mengolah informasi untuk membuat kesimpulan, serta menggunakan prosedur untuk menyelesaikanmasalah yang berkaitandenganaturan sinus dankosinus.

·     Mencermatidanmengidentifikasifaktapadagrafikfungsi yang dibuatdenganmenggunakanlingkaransatuan

·     Mengumpulkan dan mengolah informasi untuk membuat kesimpulan, serta menggunakan prosedur untuk untukmembuatseksagrafikfungsi trigonometri

·     Menyajikan penyelesaian masalah yang berkaitan dengan trigonometri

4.7.    Menyelesaikanmasalahkontekstual yang berkaitandenganrasiotrigonometri (sinus, cosinus, tangen, cosecan, secan, dancotangen) padasegitigasiku-siku

3.8.    Menggeneralisasirasiotrigonometriuntuksudut-sudut di berbagaikuadrandansudut-sudutberelasi

4.8.    Menyelesaikanmasalahkontekstual yang berkaitandenganrasiotrigonometrisudut-sudut di berbagaikuadrandansudut-sudutberelasi

3.9.    Menjelaskanaturan sinus dancosinus

4.9.    Menyelesaikanmasalah yang berkaitandenganaturan sinus dancosinus

3.10. Menjelaskanfungsitrigonometridenganmenggunakanlingkaransatuan

4.10. Menganalisaperubahangrafikfungsitrigonometriakibatperubahanpadakonstantapadafungsi y = a sin b(x + c) + d.

 

                                                                                           

 

 

 

 

 

                                                                    Ambon, 20 Desember 2022

Mengetahui

Kepala SMAN …………………                   Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

…………………………………..                  …………………………………..

NIP.                                                              NIP.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar