SILABUS
MATA PELAJARAN
MATEMATIKA WAJIB
Alokasiwaktu: 4
jam pelajaran/minggu
SEMESTER GANJIL
DAN GENAP
SMA KRISTEN 1
AMAHAI
KELAS X
(SEPULUH)
Kompetnsiinti
·
KI-1 dan KI-2:Menghayati
dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam
berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan,
keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara,
kawasan regional, dan kawasan internasional”.
·
KI 3: Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
·
KI4: Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak
secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah
keilmuan
Kompetensi Dasar |
Materi Pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
3.1.
Mengintepretasipersamaandanpertidaksamaannilaimutlakdaribentuk linear
satuvariabeldenganpersamaandanpertidaksamaanlinear Aljabarlainnya. |
Persamaan dan Pertidaksamaan
LinearSatuVariabel yang Memuat Nilai Mutlak -
Pengertianpersamaandanpertidaksamaan linear satu
variable -
Penerapanpersamaandanpertidaksamaan linear satuvariabel |
· Mengidentifikasikuantitas-kuantitasdanhubungan
di
antaranyadalammasalahkontekstualdanmerumuskanpersamaandan/ataupertidaksamaan
linear satuvariabel yang memuatnilaimutlak yang sesuai. · Menggunakan
ide-ide matematikauntukmenyelesaikanpersamaandan/ataupertidaksamaan linear
satuvariabel yang memuatnilaimutlak. · Menafsirkandanmengevaluasipenyelesaianberdasarkankonteksmula-mula. · Mengomunikasikan
proses danhasilpemecahanmasalah · Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan persamaan
dan pertidaksamaan linearsatuvariabel yang memuat nilai mutlak · Menyajikan penyelesaian masalah yang berkaitan dengan
persamaan dan pertidaksamaan linearsatuvariabel yang memuat nilai mutlak |
4.1.
Menyelesaikanmasalah yang
berkaitandenganpersamaandanpertidaksamaannilaimutlakdaribentuk linear satu
variable |
||
3.2.
Menjelaskandanmenentukanpenyelesaianpertidaksamaanrasionaldanirasionalsatuvariabel |
Pertidaksamaan mutlak, pecahan, dan irrasional |
·
Mencermati pengertian, metode penyelesaian pertidaksamaan dan nilai
mutlak, pertidaksamaan
pecahan,irrasional dan mutlak, dan penerapannya pada masalah nyata
dari berbagai sumber belajar ·
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan mutlak,
pecahan, dan irrasional ·
Menyajikan penyelesaian masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan
mutlak, pecahan, dan irrasional |
4.2.
Menyelesaikanmasalah yang
berkaitandenganpertidaksamaanrasionaldanirasionalsatuvariabel |
||
3.3.
Menyusunsistempersamaan linear
tigavariabeldarimasalahkontekstual |
Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel -
Pengertian Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel -
Penerapan Sistem
Persamaan Linear Tiga Variabel |
· Mengidentifikasikuantitas-kuantitasdanhubungan
di antaranyadalammasalahkontekstualdanmerumuskansistem persamaan linear tiga variabel yang sesuai. · Menggunakan
ide-ide matematikauntukmenyelesaikansistem
persamaan linear tiga variabel. · Menafsirkandanmengevaluasipenyelesaianberdasarkankonteksmula-mula. · Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sistem
persamaan linear tiga variabel · Mengomunikasikan
proses danhasilpemecahanmasalah yang berkaitan
dengan sistem persamaan linear tiga variabel |
4.3.
Menyelesaikanmasalahkontekstual yang
berkaitandengansistempersamaan linear tiga variable |
||
3.4.
Menjelaskandanmenentukanpenyelesaiansistempertidaksamaanduavariabel
(linear-kuadratdankuadrat-kuadrat) |
Sistempertidaksamaanduavariabel (linear-kuadratdankuadrat-kuadrat) |
·
Mencermatipengertian, metode penyelesaian, kurva
persamaan dalam sistem pertidaksamaan kuadrat dua variabel, dan penerapannya
pada masalah nyata dari berbagai sumber belajar. ·
Merumuskan secara aljabar maupun manipulasi matematika lainnya tentang
sifat-sifat yang berkaitan dengan sistem pertidaksamaan kuadrat dengan
dua variabel ·
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sistempertidaksamaanduavariabel (linear-kuadratdankuadrat-kuadrat) ·
Menyajikan pelesaian masalah yang berkaitan dengan sistempertidaksamaanduavariabel (linear-kuadratdankuadrat-kuadrat) |
4.4.
Menyajikandanmenyelesaikanmasalah yang
berkaitandengansistempertidaksamaanduavariabel
(linear-kuadratdankuadrat-kuadrat |
||
3.5.
Menjelaskandanmenentukanfungsi (terutamafungsi
linear, fungsikuadrat, danfungsirasional) secara formal yang meliputinotasi,
daerahasal, daerahhasil, danekspresisimbolik, sertasketsagrafiknya |
Fungsi -
RelasidanFungsi -
OperasiAritmetika -
KomposisiFungsi -
Fungsi Linear -
FungsiKuadrat -
FungsiRasional -
Fungsi Invers |
· Mengidentifikasihubunganantaradaerahasal,
daerahhasilsuatufungsidanekspresisimbolik yang
mendefinisikannyasertamendiskusikanhubungan yang
teridentifikasidenganmenggunakanberbagairepresentasibersamatemannya. · Mengumpulkandanmengolahinformasiuntukmembuatkesimpulan,
sertamenggunakanproseduruntukmenyelesaikanmasalahkontektual yang
dinyatakandenganfungsilinear, fungsi
kuadrat, dan fungsi rasional · Mengumpulkandanmengolahinformasiuntukmembuatkesimpulan,
sertamenggunakanproseduruntukmelakukanoperasiaritmetikapadafungsi
(penjumlahan, pengurangan, perkalian, danpembagian) danoperasikomposisipadafungsi · Mengamatidanmengidentifikasifaktapadafungsi
invers yang akandigunakanuntukmenentukaneksistensinya · Mengumpulkandanmengolahinformasiuntukmembuatkesimpulan,
sertamenggunakanproseduruntukmenyelesaikanmasalah yang berkaitandenganfungsi
invers suatufungsi · Menyajikan penyelesaian masalah yang berkaitan dengan
fungsi |
4.5.
Menganalisakarakteristikmasing – masinggrafik
(titikpotongdengansumbu, titikpuncak, asimtot)
danperubahangrafikfungsinyaakibattransformasi f2(x), 1/f(x),
|f(x)| dsb |
||
3.6.
Menjelaskanoperasikomposisipadafungsidanoperasi
invers padafungsi invers sertasifat-sifatnyasertamenentukaneksistensinya |
||
4.6.
Menyelesaikanmasalah yang
berkaitandenganoperasikomposisidanoperasi invers suatufungsi |
||
3.7.
Menjelaskanrasiotrigonometri (sinus, cosinus,
tangen, cosecan, secan, dancotangen) padasegitigasiku-siku |
Trigonometri -
PengukuranSudut -
PerbandinganTrigonometripadaSegitigaSiku-Siku -
Sudut-sudutBerelasi -
IdentitasTrigonometri -
Aturan Sinus danCosinus -
FungsiTrigonometri |
· Mangamatidanmengidentifikasifaktapada
radian danderajatsebagaisatuanpengukuransudut, sertahubungannya · Mengumpulkandanmengolahinformasiuntukmembuatkesimpulan,
sertamenggunakanproseduruntukmenyelesaikanmasalah yang
berkaitandenganpengukuransudutdalamsatuan radian atauderajat · Mangamatidanmengidentifikasifaktapadarasiotrigonometri
(sinus, cosinus, tangen, cosecan, secan, dancotangen) padasegitigasiku-siku. · Mengumpulkan
dan mengolah informasi untuk membuat kesimpulan, serta menggunakan prosedur
untuk menyelesaikan masalah kontekstualyang
berkaitan denganrasio trigonometri pada segitiga siku-siku · Mencermatidanmengidentifikasifaktapadarasio
trigonometri untuk sudut-sudut di berbagai kuadran dan sudut-sudut berelasikemudianmembuatgeneralisasinya · Mengumpulkan
dan mengolah informasi untuk membuat kesimpulan, serta menggunakan prosedur
untuk menyelesaikanmasalahkontekstual yang
berkaitandenganrasiotrigonometrisudut-sudut di
berbagaikuadrandansudut-sudutberelasi · Mengamatidanmengidentifikasihubungan antara rasio
trigonometri yang membentukidentitas
dasar trigonometri. · Mengumpulkan
dan mengolah informasi untuk membuat kesimpulan, serta menggunakan prosedurpembuktianidentitastrigonometri · Mengamatidanmengidentifikasifaktapadaaturan sinus
dancosinussertamasalah yang terkait · Mengumpulkan
dan mengolah informasi untuk membuat kesimpulan, serta menggunakan prosedur
untuk menyelesaikanmasalah yang berkaitandenganaturan sinus dankosinus. · Mencermatidanmengidentifikasifaktapadagrafikfungsi yang
dibuatdenganmenggunakanlingkaransatuan · Mengumpulkan
dan mengolah informasi untuk membuat kesimpulan, serta menggunakan prosedur
untuk untukmembuatseksagrafikfungsi
trigonometri · Menyajikan
penyelesaian masalah yang berkaitan dengan trigonometri |
4.7.
Menyelesaikanmasalahkontekstual yang
berkaitandenganrasiotrigonometri (sinus, cosinus, tangen, cosecan, secan,
dancotangen) padasegitigasiku-siku |
||
3.8.
Menggeneralisasirasiotrigonometriuntuksudut-sudut
di berbagaikuadrandansudut-sudutberelasi |
||
4.8.
Menyelesaikanmasalahkontekstual yang
berkaitandenganrasiotrigonometrisudut-sudut di
berbagaikuadrandansudut-sudutberelasi |
||
3.9.
Menjelaskanaturan sinus dancosinus |
||
4.9.
Menyelesaikanmasalah yang berkaitandenganaturan
sinus dancosinus |
||
3.10. Menjelaskanfungsitrigonometridenganmenggunakanlingkaransatuan |
||
4.10. Menganalisaperubahangrafikfungsitrigonometriakibatperubahanpadakonstantapadafungsi
y = a sin b(x + c) + d. |
Ambon, 20 Desember 2022
Mengetahui
Kepala SMAN ………………… Guru
Mata Pelajaran
………………………………….. …………………………………..
NIP. NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar