RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMA KRISTEN 1 AMAHAI Mata Pelajaran : MATEMATIKA
|
Kelas/Semester :
X / 1 Alokasi Waktu : 4 x 45 menit |
KD
: 3.2 dan 4.2 Pertemuan ke : 1 |
||
Materi |
: |
Pertidaksamaan mutlak,
pecahan, dan irrasional |
||
A. TUJUAN
· Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian materi Pertidaksamaan mutlak, pecahan, dan
irrasionalyang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah · Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari materi Pertidaksamaan mutlak, pecahan, dan irrasionalyang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan |
B. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Media : Ø Worksheet atau
lembar kerja (siswa) Ø Lembar penilaian Ø LCD Proyektor/ Slide presentasi (ppt) |
Alat/Bahan : Ø Penggaris,
spidol, papan tulis Ø Laptop &
infocus |
PENDAHULUAN |
·
Peserta didik memberi salam, berdoa, menyanyikan
lagu nasional ( PPK) ·
Guru mengecek kehadiran peserta didik dan memberi
motivasi (yel-yel/ice breaking) ·
Guru menyampaikan tujuan dan
manfaat pembelajaran tentang topik yang akan diajarkan ·
Guru menyampaikan garis besar
cakupan materi dan langkah pembelajaran |
|
KEGIATAN INTI |
Kegiatan
Literasi |
Peserta didik diberi
motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya
kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi Pertidaksamaan pecahan |
Critical
Thinking |
Guru memberikan
kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami,
dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik.
Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Pertidaksamaan pecahan |
|
Collaboration |
Peserta didik dibentuk
dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi,
mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Pertidaksamaan pecahan |
|
Communication |
Peserta didik
mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal, mengemukakan
pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh
kelompok atau individu yang mempresentasikan |
|
Creativity |
Guru dan peserta didik
membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Pertidaksamaan pecahan Peserta didik kemudian diberi kesempatan
untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami |
|
PENUTUP |
·
Guru
bersama peserta didik
merefleksikan pengalaman
belajar ·
Guru memberikan penilaian lisan
secara acak dan singkat ·
Guru menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdoa |
C. PENILAIAN
-
Sikap
: Lembar pengamatan,
- Pengetahuan : LK peserta didik, - Ketrampilan: Kinerja & observasi
diskusi |
|
|||||||
|
|
|||||||
Tidak ada komentar:
Posting Komentar