RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMA KRISTEN 1 AMAHAI Mata Pelajaran : MATEMATIKA
WAJIB |
Kelas/Semester :
XII / 1 Alokasi Waktu : 4 x 45 menit |
KD
: 3.1 dan 4.1 Pertemuan ke : 1 |
||
Materi |
: |
Geometri
Ruang |
||
A.
TUJUAN
·
Memahami konsep geometri ruang ·
Mengidentifikasi fakta pada jarak dalam ruang
(antar titik, titik ke garis, dan titik ke bidang) ·
Mendeskripsikan jarak dalam ruang (antar titik,
titik ke garis, dan titik ke bidang) ·
Menentukan jarak dalam ruang (antartitik, titik ke garis, dan titik ke
bidang) ·
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
geometri ruang ·
Menyajikan penyelesaian masalah yang berkaitan
dengan geometri ruang |
B.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Media : Ø Worksheet atau
lembar kerja (siswa) Ø Lembar penilaian Ø LCD Proyektor/ Slide presentasi (ppt) |
Alat/Bahan : Ø Penggaris,
spidol, papan tulis Ø Laptop &
infocus |
PENDAHULUAN |
·
Peserta didik memberi salam, berdoa, menyanyikan
lagu nasional ( PPK) ·
Guru mengecek kehadiran peserta didik dan memberi
motivasi (yel-yel/ice breaking) ·
Guru menyampaikan tujuan dan
manfaat pembelajaran tentang topik yang akan diajarkan ·
Guru menyampaikan garis besar
cakupan materi dan langkah pembelajaran |
|
KEGIATAN INTI |
Kegiatan
Literasi |
Peserta didik diberi
motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya
kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi Memahami konsep geometri ruang |
Critical
Thinking |
Guru memberikan
kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami,
dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik.
Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Memahami konsep geometri ruang |
|
Collaboration |
Peserta didik dibentuk
dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi,
mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Memahami konsep geometri ruang |
|
Communication |
Peserta didik
mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal,
mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi
kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan |
|
Creativity |
Guru dan peserta didik
membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Memahami konsep geometri ruang Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk
menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami |
|
PENUTUP |
·
Guru
bersama peserta didik
merefleksikan pengalaman
belajar ·
Guru memberikan penilaian lisan
secara acak dan singkat ·
Guru menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdoa |
C.
PENILAIAN
-
Sikap
: Lembar pengamatan,
- Pengetahuan : LK peserta didik, - Ketrampilan: Kinerja & observasi
diskusi |
|
|||||||
|
|
|||||||
Tidak ada komentar:
Posting Komentar