UNIVERSITAS PATTIMURA

Welcome To My Blog

Selasa, 20 Desember 2022

RPP Kelas XII

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Sekolah                    :   SMA KRISTEN 1 AMAHAI

Mata Pelajaran         :   MATEMATIKA WAJIB

Kelas/Semester        :  XII / 1

Alokasi Waktu          :  4 x 45 menit

KD                    : 3.1 dan 4.1

Pertemuan ke  : 1

Materi

:

Geometri Ruang

 

A.    TUJUAN

 

·         Memahami konsep geometri ruang

·         Mengidentifikasi fakta pada jarak dalam ruang (antar titik, titik ke garis, dan titik ke bidang)

·         Mendeskripsikan jarak dalam ruang (antar titik, titik ke garis, dan titik ke bidang)

·         Menentukan jarak dalam ruang  (antartitik, titik ke garis, dan titik ke bidang)

·         Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan geometri ruang

·         Menyajikan penyelesaian masalah yang berkaitan dengan geometri ruang

 

B.    LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

 

Media :

Ø Worksheet atau lembar kerja (siswa)

Ø Lembar penilaian

Ø LCD Proyektor/ Slide presentasi (ppt)

Alat/Bahan :

Ø Penggaris, spidol, papan tulis

Ø Laptop & infocus

 

 

PENDAHULUAN

·        Peserta didik memberi salam, berdoa, menyanyikan lagu nasional ( PPK)

·        Guru mengecek kehadiran peserta didik dan memberi motivasi (yel-yel/ice breaking)

·        Guru menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran tentang topik yang akan diajarkan

·        Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan langkah pembelajaran

 

KEGIATAN INTI

Kegiatan Literasi

Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi Memahami konsep geometri ruang

Critical Thinking

Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Memahami konsep geometri ruang

Collaboration

Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Memahami konsep geometri ruang

Communication

Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan

Creativity

Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Memahami konsep geometri ruang Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami

PENUTUP

·       Guru bersama peserta didik  merefleksikan  pengalaman belajar

·       Guru memberikan penilaian lisan secara acak dan singkat

·       Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdoa

 

C.    PENILAIAN

 

-         Sikap  : Lembar pengamatan,              - Pengetahuan : LK peserta didik,                 -  Ketrampilan: Kinerja & observasi diskusi

 

 

 

Mengetahui,

 

 

Ambon, 20 Desember 2022

Kepala Sekolah  

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

………………………

 

 

 

………………………..

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar