Satuan Pendidikan |
: |
SMP KRISTEN HARURU |
|
Mata Pelajaran |
: |
Matematika |
|
Kelas/Semester |
: |
VIII / 1-2 (Ganjil
& Genap) |
|
Alokasi Waktu |
: |
||
Tahun Pelajaran |
: |
2021/2022 |
|
Standar Kompetensi (KI) |
|||
KI-1 dan KI-2 |
: |
Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang
dianutnya serta Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin,
santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara
efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah,
masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional. |
|
KI-3 |
: |
Memahami dan
menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada
tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata. |
|
KI-4 |
: |
Menunjukkan
keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif,
kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah
abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang teori. |
Kompetensi Dasar |
Materi Pemebelajaran |
Indikator |
Nilai Karakter |
Kegiatan Pembelajaran |
Alokasi Waktu |
Sumber Belajar |
Penilaian |
3.1 Membuat generalisasi dari pola pada barisan bilangan dan barisan
konfigurasi objek |
Pola Bilangan ·
Pola bilangan ·
Pola konfigurasi objek |
·
Mengidentifikasi pengertian pola bilangan ·
Mengidentifikasi pengertian pola konfigurasi objek ·
Menjelaskan salah satu konteks yang terkait dengan pola bilangan ·
Menjelaskan salah satu konfigurasi objek yang terkait
dengan ·
Mengidentifikasi pola bilangan dari suatu barisan ·
Memahami cara memilih strategi dan aturan-aturan yang sesuai untuk
memecahkan suatu permasalahan ·
Menjelaskan keterkaitan antar suku-suku pola bilangan atau
bentuk-bentuk pada konfigurasi objek |
·
Religius ·
Mandiri ·
Gotong royong ·
Kejujuran ·
Kerja keras ·
Percaya diri ·
Kerja sama |
·
Mencermati konteks yang terkait pola bilangan. Misal: penataan
nomor alamat rumah, penataan nomor ruangan, penataan nomor kursi, dan
lain-lain.
·
Mencermati keterkaitan antar suku-suku pola bilangan atau
bentuk-bentuk pada konfigurasi objek ·
Melakukan eksperimen untuk menggeneralisasi pola bilangan atau
konfigurasi objek ·
Menyajikan hasil pembelajaran tentang pola bilangan ·
Memecahkan masalah yang berkaitan dengan pola bilangan |
25 JP |
·
Matematika Jilid I untuk
SMP Kelas VIII. Edisi Revisi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. ·
Internet |
·
Lisan ·
Tertulis ·
Penugasan ·
Unjukkerja ·
Portofolio |
4.1 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pola pada barisan
bilangan dan barisan konfigurasi objek |
·
Mengenal pola bilangan, barisan dan pola umumnya untuk
menyelesaikan masalah nyata serta menemukan masalah baru. ·
Melakukan eksperimen untuk menggeneralisasi pola bilangan atau
konfigurasi objek Menyajikan hasil
pembelajaran tentang pola bilangan |
||||||
3.2 Menjelaskan kedudukan titik dalam bidang
koordinat Kartesius yang dihubungkan dengan masalah kontekstual |
Bidang Kartesius ·
Bidang Kartesius ·
Koordinat suatu titik pada koordinat Kartesius ·
Posisi titik terhadap titik lain pada koordinat Kartesius |
·
Mengidentifikasi konsep diagram kartesius ·
Mengidentifikasi pembagian kuadran bidang kartesius ·
Mendeskripsikan langkah-langkah menggambar titik pada koordinat
kartesius ·
Mengidentifikasi pengertian jarak antara dua titik pada bidang
kartesius ·
Mendeskripsikan langkah-langkah menentukan jarak dua buah titik
dalam bidang kartesius ·
Menetukan jarak antar dua titik ·
Menentukan luas daerah pada bidang kartesius ·
Menghitung luas suatu daerah pada peta |
·
Religius ·
Mandiri ·
Gotong royong ·
Kejujuran ·
Kerja keras ·
Percaya diri ·
Kerja sama |
·
Mencermati letak suatu tempat atau benda pada denah. Misal:
denah sekolah, denah rumah sakit, denah kota ·
Mengumpulkan informasi tentang kedudukan titik terhadap titik
asal (0, 0) dan selain titik asal pada bidang koordinat Kartesius ·
Menyajikan hasil pembelajaran tentang koordinat Kartesius ·
Menyelesaikan masalah tentang bidang koordinat Kartesius |
20 JP |
·
Matematika Jilid I untuk
SMP Kelas VIII. Edisi Revisi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. ·
Internet |
·
Lisan ·
Tertulis ·
Penugasan ·
Unjukkerja ·
Portofolio |
4.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kedudukan titik
dalam bidang koordinat Kartesius |
·
Menyajikan hasil pembelajaran tentang koordinat Kartesius Menyelesaikan masalah tentang
bidang koordinat Kartesius |
||||||
3.3 Mendeskripsikan dan manyatakan relasi dan fungsi dengan
menggunakan berbagai representasi (kata-kata, tabel, grafik, diagram, dan
persamaan) |
Relasi dan Fungsi ·
Relasi ·
Fungsi atau pemetaan ·
Ciri-ciri relasi dan fungsi ·
Rumus fungsi ·
Grafik fungsi |
·
Menjelaskan contoh kegiatan sehari-hari yang berkaitan dengan
relasi dan fungsi. ·
Menjelaskan beberapa relasi yang terjadi diantara dua himpunan ·
Menjelaskan macam-macam fungsi berdasarkan ciri-cirinya ·
Menjelaskan nilai fungsi dan grafik fungsi pada koordinat
Kartesius |
·
Religius ·
Mandiri ·
Gotong royong ·
Kejujuran ·
Kerja keras ·
Percaya diri ·
Kerja sama |
·
Mencermati peragaan atau kegiatas sehari-hari yang berkaitan
dengan relasi dan fungsi. ·
Mencermati beberapa relasi yang terjadi diantara dua himpunan ·
Mencermati macam-macam fungsi berdasarkan ciri-cirinya ·
Mengumpulkan informasi tentang nilai fungsi dan grafik fungsi
pada koordinat Kartesius ·
Menyajikan |
15 JP |
·
Matematika Jilid I untuk
SMP Kelas VIII. Edisi Revisi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. ·
Internet |
·
Lisan ·
Tertulis ·
Penugasan ·
Unjukkerja ·
Portofolio |
4.3 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan relasi dan fungsi
dengan menggunakan berbagai representasi |
·
Menyajikan Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan relasi dan fungsi dengan menggunakan berbagai
representasi |
||||||
3.4 Menganalisis fungsi linear (sebagai persamaan garis
lurus) dan menginterpretasikan grafiknya yang dihubungkan dengan
masalah kontekstual |
Persamaan Garis Lurus ·
Kemiringan ·
Persamaan garis lurus ·
Titik potong garis ·
Kedudukan dua garis |
·
Memahami cara membuat tabel persamaan garis lurus ·
Menentukan titik potong terhadap sumbu x dan sumbu y ·
Memahami cara membuat pasangan berurutan ·
Menggambar Persamaan Garis Lurus ·
Memahami definisi kemiringan garis lurus ·
Memahami definisi kemiringan persamaan garis lurus ·
Menjelaskan cara mengambar grafik melalui titik-titik
koordinat. ·
Menjelaskan cara mengambar grafik melalui titik potong sumbu |
·
Religius ·
Mandiri ·
Gotong royong ·
Kejujuran ·
Kerja keras ·
Percaya diri ·
Kerja sama |
·
Mencermati permasalahan di sekitar yang berkaitan dengan
kemiringan, persamaan garis lurus, dan kedudukan garis ·
Mencermati cara menentukan kemiringan garis ·
Mencermati cara menentukan persamaan garis yang diketahui satu
titik dan kemiringan, atau dua titik ·
Mencermati hubungan antar garis yang saling berpotongan dan
sejajar serta cara menentukan persamaannya ·
Mencermati cara menentukan titik potong garis dengan garis,
termasuk terhadap sumbu x, atau sumbu y dalam koordinat Kartesius ·
Menyajikan hasil pembelajaran persamaan garis lurus ·
Menyelesaikan masalah yang terkait dengan persamaan garis lurus |
15 JP |
·
Matematika Jilid I untuk
SMP Kelas VIII. Edisi Revisi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. ·
Internet |
·
Lisan ·
Tertulis ·
Penugasan ·
Unjukkerja ·
Portofolio |
4.4 Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan fungsi
linear sebagai persamaan garis lurus |
·
Menyajikan hasil pembelajaran persamaan garis lurus Menyelesaikan masalah
yang terkait dengan persamaan garis lurus |
||||||
3.5 Menjelaskan sistem persamaan linear dua
variabel dan penyelesaiannya yang dihubungkan dengan masalah kontekstual |
Persamaan Linear Dua Variabel ·
Penyelesaian persamaan linear dua variabel ·
Model dan sistem persamaan linear dua variabel |
·
Mendefinisikan persamaan linear dua variabel ·
Menjelaskan model dan sistem persamaan linear dua variabel ·
Menentukan nilai variabel persamaan linear dua variabel dalam
kehidupan sehari-hari |
·
Religius ·
Mandiri ·
Gotong royong ·
Kejujuran ·
Kerja keras ·
Percaya diri ·
Kerja sama |
·
Mencermati permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan
persamaan linear dua variabel ·
Mengumpulkan informasi tentang hal-hal yang berkaitan dengan
hubungan antara persamaan linear dua variabel dan persamaan garis lurus ·
Mencermati cara membuat model matematika dari permasalahan
sehari-hari yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dua variabel dan
cara menyelesaikannya ·
Mengumpulkan informasi tentang ciri-ciri sistem persamaan
linear dua variabel yang memiliki satu penyelesaian, banyak penyelesaian,
atau tidak memiliki penyelesaian ·
Menyajikan hasil pembelajaran tentang persamaan persamaan linear
dua variabel, dan sistem persamaan persamaan linear dua variabel ·
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan persamaan linear dua
variabel dan sistem persamaan linear dua variabel |
20 JP |
·
Matematika Jilid I untuk
SMP Kelas VIII. Edisi Revisi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. ·
Internet |
·
Lisan ·
Tertulis ·
Penugasan ·
Unjukkerja ·
Portofolio |
4.5 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan
linear dua variabel |
·
Menyajikan hasil pembelajaran tentang persamaan persamaan linear
dua variabel, dan sistem persamaan persamaan linear dua variabel ·
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan persamaan linear dua
variabel dan sistem persamaan linear dua variabel |
||||||
3.6 Menjelaskan dan membuktikan teorema Pythagoras dan tripel
Pythagoras |
Teorema Pythagoras ·
Hubungan antar panjang sisi pada segitiga siku-siku ·
Pemecahan masalah yang melibatkan teorema Pythagoras |
·
Memahami rumus dari Teorema Pythagoras. ·
Menjelaskan bunyi Teorema Pythagoras ·
Memjelaskan sisi-sisi pada segitiga siku-siku ·
Memahami 3 bilangan yang merupakan panjang sisi-sisi segitiga
siku-siku ·
Menuliskan tiga bilangan ukuran panjang sisi segitga siku-siku
(Triple Pythagoras). |
·
Religius ·
Mandiri ·
Gotong royong ·
Kejujuran ·
Kerja keras ·
Percaya diri ·
Kerja sama |
·
Mencermati permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan
teorema Pythagoras. Misal: bentuk rangka atap, tangga, tali penguat tiang
menara. ·
Melakukan percobaan untuk membuktikan kebenaran teorema
Pythagoras dan tripel Pythagoras ·
Menyajikan hasil pembelajaran teorema Pythagoras dan tripel
Pythagoras ·
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penerapan terorema
Pythagoras tripel Pythagoras |
10 JP |
·
Matematika Jilid I untuk
SMP Kelas VIII. Edisi Revisi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. ·
Internet |
·
Lisan ·
Tertulis ·
Penugasan ·
Unjukkerja ·
Portofolio |
4.6 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan teorema Pythagoras
dan tripel Pythagoras |
·
Menyajikan hasil pembelajaran teorema Pythagoras dan tripel
Pythagoras ·
Menghitung panjang sisi-sisi segitiga siku-siku ·
Menghitung panjang diagonal bangun datar ·
Menyelesaikan Masalah dalam kehidupan nyata. ·
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penerapan terorema
Pythagoras tripel Pythagoras |
||||||
3.7 Menjelaskan sudut pusat, sudut keliling,
panjang busur, dan luas juring lingkaran, serta hubungannya |
Lingkaran ·
Lingkaran ·
Unsur-unsur lingkaran ·
Hubungan sudut pusat dengan sudut keliling ·
Panjang busur ·
Luas juring ·
Garis singgung persekutuan dalam dua lingkaran ·
Garis singgung persekutuan luar dua lingkaran |
·
Mengidentifikasi unsur-unsur lingkaran yang berupa garis dan
ciri-cirinya. ·
Memahami hubungan antar unsur pada lingkaran. ·
Mengidentifikasi luas juring dan panjang busur lingkaran. ·
Menentukan hubungan sudut pusat dengan panjang busur.\ ·
Menentukan hubungan sudut pusat dengan luas juring.\Menentukan
hubungan sudut pusat dengan sudut keliling. |
·
Religius ·
Mandiri ·
Gotong royong ·
Kejujuran ·
Kerja keras ·
Percaya diri ·
Kerja sama |
·
Mencermati peragaan atau pemodelan yang berkaitan lingkaran
serta unsur-unsur lingkaran ·
Mencermati masalah atau bentuk benda-beda di sekitar yang
berkaitan dengan lingkaran ·
Melakukan percobaan untuk menemukan rumus keliling lingkaran,
panjang busur, luas juring, dan garis singgung persekutuan (dalam dan luar)
antara dua lingkaran ·
Mencermati cara melukis garis singgung lingkaran dan garis
singgung persekutuan antara dua lingkaran menggunakan jangka dan penggaris ·
Menyajikan hasil pembelajaran tentang lingkaran dan garis
singgung lingkaran ·
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan lingkaran dan garis
singgung lingkaran |
25 JP |
·
Matematika Jilid I untuk
SMP Kelas VIII. Edisi Revisi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. ·
Internet |
·
Lisan ·
Tertulis ·
Penugasan ·
Unjukkerja ·
Portofolio |
4.7 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
sudut pusat, sudut keliling, panjang busur, dan luas juring lingkaran, serta
hubungannya |
·
Menyajikan hasil pembelajaran tentang lingkaran ·
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan lingkaran |
||||||
3.8 Menjelaskan garis singgung persekutuan luar
dan persekutuan dalam dua lingkaran dan cara melukisnya |
·
Memahami konsep garis singgung lingkaran ·
Memahami cara melukis garis singgung lingkaran ·
Memahami cara melukis garis singgung persekutuan antara dua
lingkaran |
·
Religius ·
Mandiri ·
Gotong royong ·
Kejujuran ·
Kerja keras ·
Percaya diri ·
Kerja sama |
·
Matematika Jilid I untuk
SMP Kelas VIII. Edisi Revisi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. ·
Internet |
·
Lisan ·
Tertulis ·
Penugasan ·
Unjukkerja ·
Portofolio |
|||
4.8 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan garis singgung
persekutuan luar dan persekutuan dalam dua lingkaran |
·
Menyajikan hasil pembelajaran tentang garis singgung
lingkaran ·
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan garis singgung
lingkaran |
||||||
3.9 Membedakan dan menentukan luas permukaan dan
volume bangun ruang sisi datar (kubus, balok, prisma, dan limas) |
Bangun Ruang Sisi Datar
·
Jaring-jaring: Kubus, balok, prisma, dan limas ·
Luas permukaan: kubus, balok, prisma, dan limas ·
Volume: kubus, balok, prisma, dan limas ·
Menaksir volume bangun ruang tak beraturan |
·
Menentukan luas permukaan kubus dan balok dengan menggunakan
alat peraga berupa benda nyata ·
Menentukan luas permukaan prisma yang didapat dari penurunan
rumus luas permukaan balok. ·
Menentukan luas permukaan limas dengan syarat-syarat ukuran yang
harus diketahui ·
Menentukan volume kubus dan balok melalui pola tertentu sehingga
bisa diterapkan pada volume prisma dan limas. ·
Menaksir luas permukaan dan volume bangun ruang yang tidak
beraturan dengan menerapkan geometri dasarnya melalui ilustrasi yang
ditunjukkan. ·
Menghitung luas permukaan dan volume bangun ruang yang tidak
beraturan dengan menerapkan geometri dasarnya melalui ilustrasi yang
ditunjukkan |
·
Religius ·
Mandiri ·
Gotong royong ·
Kejujuran ·
Kerja keras ·
Percaya diri ·
Kerja sama |
·
Mencermati model atau benda di sekitar yang merepresentasikan
bangun ruang sisi datar ·
Melakukan percobaan untuk menemukan jari-jari bangun ruang sisi datar ·
Melakukan percobaan untuk menemukan rumus luas permukaan dan
volume bangun ruang sisi datar ·
Menyajikan hasil pembelajaran tentang ·
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bangun ruang sisi
datar |
35 JP |
·
Matematika Jilid I untuk
SMP Kelas VIII. Edisi Revisi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. ·
Internet |
·
Lisan ·
Tertulis ·
Penugasan ·
Unjukkerja ·
Portofolio |
4.9 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas permukaan dan
volume bangun ruang sisi datar (kubus, balok, prima dan limas), serta
gabungannya |
·
Menyajikan hasil pembelajaran tentang bangun ruang sisi
datar ·
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bangun ruang sisi
datar |
||||||
3.10 Menganalisis data berdasarkan distribusi data,
nilai rata-rata, median, modus, dan sebaran data untuk mengambil kesimpulan,
membuat keputusan, dan membuat prediksi |
Statistika: ·
Rata-rata, median, dan modus ·
Mengambil keputusan berdasarkan analisis data ·
Membuat prediksi berdasarkan analisis data |
·
Memahami cara menentukan rata-rata, median, modus, dan sebaran
data ·
Menganalisis data berdasarkan ukuran pemusatan dan penyebaran
data ·
Memaami cara mengambil keputusan dan membuat prediksi bersarkan
analisis dan data |
·
Religius ·
Mandiri ·
Gotong royong ·
Kejujuran ·
Kerja keras ·
Percaya diri ·
Kerja sama |
·
Mencermati cara menentukan rata-rata, median, modus, dan sebaran
data ·
Menganalisis data berdasarkan ukuran pemusatan dan penyebaran
data ·
Mencermati cara mengambil keputusan dan membuat prediksi
bersarkan analisis dan data
·
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan ukuran pemusatan dan
penyebaran data serta cara mengambil keputusan dan membuat prediksi |
15 JP |
·
Matematika Jilid I untuk
SMP Kelas VIII. Edisi Revisi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. ·
Internet |
·
Lisan ·
Tertulis ·
Penugasan ·
Unjukkerja ·
Portofolio |
4.10 Menyajikan dan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
distribusi data, nilai rata-rata, median, modus, dan sebaran data untuk
mengambil kesimpulan, membuat keputusan, dan membuat prediksi |
·
Menyajikan hasil pembelajaran tentang ukuran pemusatan dan
penyebaran data serta cara mengambil keputusan dan membuat prediksi ·
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan ukuran pemusatan dan
penyebaran data serta cara mengambil keputusan dan membuat prediksi |
||||||
3.11 Menjelaskan peluang empirik dan teoretik suatu
kejadian dari suatu percobaan |
Peluang ·
Titik sampel ·
Ruang sampel ·
Kejadian ·
Peluang empirik ·
Peluang teoretik ·
Hubungan antara peluang empirik dengan peluang teoretik |
·
Memahami peluang teoritik dari data luaran (output) yang mungkin
diperoleh dari sekelompok data. ·
Memahami peluang empirik dari data luaran (output) yang mungkin
diperoleh dari sekelompok data. ·
Membandingkan peluang empirik suatu percobaan dengan peluang
teoritiknya |
·
Religius ·
Mandiri ·
Gotong royong ·
Kejujuran ·
Kerja keras ·
Percaya diri ·
Kerja sama |
·
Mencermati ruang sampel dari peluang teoretik dan titik sampel
dari suatu kejadian pada suatu ruang sampel ·
Melakukan percobaan untuk menemukan hubungan antara peluang
empirik dengan peluang teoretik ·
Menyajikan hasil pembelajaran peluang empirik dan peluang
teoretik |
20 JP |
·
Matematika Jilid I untuk
SMP Kelas VIII. Edisi Revisi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. ·
Internet |
·
Lisan ·
Tertulis ·
Penugasan ·
Unjukkerja ·
Portofolio |
4.11 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan peluang empirik dan
teoretik suatu kejadian dari suatu percobaan |
·
Melakukan percobaan untuk menemukan hubungan antara peluang
empirik dengan peluang teoretik ·
Menyajikan hasil pembelajaran peluang empirik dan peluang
teoretik |
Mengetahui, Kepala Sekolah
……………………….. NIP. …………………. |
………………….. Guru Mata Pelajaran
……………………….. NIP. …………………. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar