RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMA KRISTEN 1 AMAHAI Mata Pelajaran : MATEMATIKA
WAJIB |
Kelas/Semester :
XI / 1 Alokasi Waktu : 4 x 45 menit |
KD
: 3.1 dan 4.1 Pertemuan ke : 1 |
||
Materi |
: |
Induksi Matematika |
||
A. TUJUAN
·
Menjelaskan konsep kontradiksi ·
Menjelaskan konsep induksi matematis ·
Menjelaskan metode pembuktian langsung dan tidak
langsung ·
Mengidentifikasi fakta pada metode pembuktian
langsung, tidak langsung, kontradiksi, dan induksi matematika ·
Menggunakan prosedur untuk menguji kesahihan
pernyataan matematis dengan metode pembuktian langsung, tidak langsung,
kontradiksi, dan induksi matematis ·
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
induksi matematika ·
Menyajikan penyelesaian masalah yang berkaitan
dengan induksi matematika |
B. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Media : Ø Worksheet atau
lembar kerja (siswa) Ø Lembar penilaian Ø LCD Proyektor/ Slide presentasi (ppt) |
Alat/Bahan : Ø Penggaris,
spidol, papan tulis Ø Laptop &
infocus |
PENDAHULUAN |
·
Peserta didik memberi salam, berdoa, menyanyikan
lagu nasional ( PPK) ·
Guru mengecek kehadiran peserta didik dan memberi
motivasi (yel-yel/ice breaking) ·
Guru menyampaikan tujuan dan
manfaat pembelajaran tentang topik yang akan diajarkan ·
Guru menyampaikan garis besar
cakupan materi dan langkah pembelajaran |
|
KEGIATAN INTI |
Kegiatan
Literasi |
Peserta didik diberi
motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya
kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi Metode pembuktian langsung dan tidak
langsung |
Critical
Thinking |
Guru memberikan
kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami,
dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik.
Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Metode pembuktian langsung dan tidak langsung |
|
Collaboration |
Peserta didik dibentuk
dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi,
mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Metode pembuktian langsung dan tidak
langsung |
|
Communication |
Peserta didik
mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal,
mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi
kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan |
|
Creativity |
Guru dan peserta didik
membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Metode pembuktian langsung dan tidak
langsung Peserta didik
kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum
dipahami |
|
PENUTUP |
·
Guru
bersama peserta didik
merefleksikan pengalaman
belajar ·
Guru memberikan penilaian lisan
secara acak dan singkat ·
Guru menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdoa |
C. PENILAIAN
-
Sikap
: Lembar pengamatan,
- Pengetahuan : LK peserta didik, - Ketrampilan: Kinerja & observasi
diskusi |
|
|||||||
|
|
|||||||
Tidak ada komentar:
Posting Komentar