UNIVERSITAS PATTIMURA

Welcome To My Blog

Selasa, 20 Desember 2022

RPP Kelas XI

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Sekolah                    :   SMA KRISTEN 1 AMAHAI

Mata Pelajaran         :   MATEMATIKA WAJIB

Kelas/Semester        :  XI / 1

Alokasi Waktu          : 4 x 45 menit

KD                    : 3.1 dan 4.1

Pertemuan ke  : 1

Materi

:

Induksi Matematika

 

A.    TUJUAN

 

·         Menjelaskan konsep kontradiksi

·         Menjelaskan konsep induksi matematis

·         Menjelaskan metode pembuktian langsung dan tidak langsung

·         Mengidentifikasi fakta pada metode pembuktian langsung, tidak langsung, kontradiksi, dan induksi matematika

·         Menggunakan prosedur untuk menguji kesahihan pernyataan matematis dengan metode pembuktian langsung, tidak langsung, kontradiksi, dan induksi matematis

·         Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan induksi matematika

·         Menyajikan penyelesaian masalah yang berkaitan dengan induksi matematika

 

B.    LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

 

Media :

Ø Worksheet atau lembar kerja (siswa)

Ø Lembar penilaian

Ø LCD Proyektor/ Slide presentasi (ppt)

Alat/Bahan :

Ø Penggaris, spidol, papan tulis

Ø Laptop & infocus

 

 

PENDAHULUAN

·        Peserta didik memberi salam, berdoa, menyanyikan lagu nasional ( PPK)

·        Guru mengecek kehadiran peserta didik dan memberi motivasi (yel-yel/ice breaking)

·        Guru menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran tentang topik yang akan diajarkan

·        Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan langkah pembelajaran

 

KEGIATAN INTI

Kegiatan Literasi

Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi Metode pembuktian langsung dan tidak langsung

Critical Thinking

Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Metode pembuktian langsung dan tidak langsung

Collaboration

Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Metode pembuktian langsung dan tidak langsung

Communication

Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan

Creativity

Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Metode pembuktian langsung dan tidak langsung Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami

PENUTUP

·       Guru bersama peserta didik  merefleksikan  pengalaman belajar

·       Guru memberikan penilaian lisan secara acak dan singkat

·       Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan berdoa

 

C.    PENILAIAN

 

-         Sikap  : Lembar pengamatan,              - Pengetahuan : LK peserta didik,                 -  Ketrampilan: Kinerja & observasi diskusi

 

 

 

Mengetahui,

 

 

Ambon, 20 Desember 2022

Kepala Sekolah  

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

………………………………

 

 

 

 

 

………………….

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar