RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN ( RPP )
MATEMATIKA
KELAS 7 SEMESTER 1
TAHUN PELAJARAN 2021/2022
NAMA SEKOLAH : SMP KRISTEN HARURU
DESA/KELURAHAN : HARURU
KECAMATAN : AMAHAI
KOTA/KABUPATEN : MASOHI/MALUKU TENGAH
WALI KELAS : .................................................
NIP : ..................................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SMP KRISTEN
HARURU Mata Pelajaran :
Matematika |
Kelas/Semester :
VII / 1 (Ganjil) Alokasi Waktu :
160 Menit |
Materi Pokok : Bilangan Bulat dan Pecahan |
·
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Setelah menyimak penjelasan guru, peserta didik
dapat:
- Menjelaskan pengertian bilangan bulat
- Membandingkan bilangan bulat
Media Pembelajaran & Sumber Belajar |
|||
Media |
: |
Laptop, LCD, Power Point, Internet |
|
Sumber Belajar |
: |
As’ari, Abdur Rahman, dkk. Matematika Jilid I
untuk SMP Kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. |
·
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Pertemuan Ke-1 |
|
Pendahuluan (15 menit) |
|
1. |
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan
berdoa untuk memulai pembelajaran, memeriksa kehadiran peserta didik sebagai
sikap disiplin |
2. |
Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran
yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan
materi/tema/kegiatan sebelumnya serta mengajukan pertanyaan untuk mengingat
dan menghubungkan dengan materi selanjutnya. |
3. |
Menyampaikan motivasi tentang apa yang dapat
diperoleh (tujuan & manfaat) dengan mempelajari materi : Membandingkan
Bilangan Bulat. |
4. |
Menjelaskan hal-hal yang akan dipelajari,
kompetensi yang akan dicapai, serta metode belajar yang akan ditempuh, |
Kegiatan Inti (90 Menit) |
KEGIATAN LITERASI |
·
Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati,
membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan
terkait materi Membandingkan Bilangan Bulat. |
|
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) |
|
·
Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke
pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan
dengan materi Membandingkan Bilangan Bulat. |
|
COLLABORATION (KERJASAMA) |
|
·
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan,
mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi
mengenai Membandingkan Bilangan Bulat. |
|
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI) |
|
·
Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok atau
individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang
dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang
mempresentasikan |
|
CREATIVITY (KREATIVITAS) |
|
·
Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang
telah dipelajari terkait Membandingkan Bilangan Bulat. Peserta
didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum
dipahami |
|
Penutup (15 menit) |
|
1. |
Peserta didik membuat rangkuman/simpulan
pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran
yang baru dilakukan. |
2. |
Guru membuat rangkuman/simpulan
pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran
yang baru dilakukan. |
·
PENILAIAN
HASIL PEMBELAJARAN
- Penilaian Pengetahuan : Tertulis
Uraian dan atau Pilihan Ganda (Lihat lampiran), Tes
Lisan/Observasi Terhadap Diskusi, Tanya Jawab dan
Percakapan dan Penugasan (Lihat Lampiran)
- Penilaian Keterampilan : Penilaian
Unjuk Kerja, Penilaian Proyek (Lihat Lampiran, Penilaian
Produk (Lihat Lampiran,
Penilaian Portofolio
Tidak ada komentar:
Posting Komentar