UNIVERSITAS PATTIMURA

Welcome To My Blog

Selasa, 20 Desember 2022

RPP Kelas VII

 

 





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

MATEMATIKA

 

KELAS 7 SEMESTER 1

TAHUN PELAJARAN 2021/2022





NAMA SEKOLAH                 :  SMP KRISTEN HARURU

DESA/KELURAHAN             :  HARURU

KECAMATAN                        :  AMAHAI

KOTA/KABUPATEN             :  MASOHI/MALUKU TENGAH

WALI  KELAS                        :  .................................................

NIP                                         : ..................................................

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

Sekolah           : SMP KRISTEN HARURU

Mata Pelajaran            : Matematika

Kelas/Semester            : VII / 1 (Ganjil)

Alokasi Waktu            : 160 Menit

Materi Pokok : Bilangan Bulat dan Pecahan



·         TUJUAN PEMBELAJARAN

Setelah menyimak penjelasan guru, peserta didik dapat:

  • Menjelaskan pengertian bilangan bulat
  • Membandingkan bilangan bulat

 

Media Pembelajaran & Sumber Belajar

Media

:

Laptop, LCD, Power Point, Internet

Sumber Belajar

:

As’ari, Abdur Rahman, dkk. Matematika Jilid I untuk SMP Kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.



·         KEGIATAN PEMBELAJARAN

Pertemuan Ke-1

Pendahuluan (15 menit)

1.

Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran, memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin

2.

Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya serta mengajukan pertanyaan untuk mengingat dan menghubungkan dengan materi selanjutnya.

3.

Menyampaikan motivasi tentang apa yang dapat diperoleh (tujuan & manfaat) dengan mempelajari materi : Membandingkan Bilangan Bulat.

4.

Menjelaskan hal-hal yang akan dipelajari, kompetensi yang akan dicapai, serta metode belajar yang akan ditempuh,

Kegiatan Inti

(90 Menit)

KEGIATAN LITERASI

·         Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi Membandingkan Bilangan Bulat.

CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)

·         Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Membandingkan Bilangan Bulat.

COLLABORATION (KERJASAMA)

·         Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Membandingkan Bilangan Bulat.

COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)

·         Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan

CREATIVITY (KREATIVITAS)

·         Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Membandingkan Bilangan Bulat. Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami

Penutup (15 menit)

1.

Peserta didik membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.

2.

Guru membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.



·         PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN

  • Penilaian Pengetahuan         : Tertulis Uraian dan atau Pilihan Ganda (Lihat lampiran), Tes Lisan/Observasi                 Terhadap Diskusi, Tanya Jawab dan Percakapan dan Penugasan (Lihat Lampiran)

 

  • Penilaian Keterampilan        : Penilaian Unjuk Kerja, Penilaian Proyek (Lihat Lampiran, Penilaian Produk (Lihat                         Lampiran, Penilaian Portofolio

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar