UNIVERSITAS PATTIMURA

Welcome To My Blog

Selasa, 20 Desember 2022

RPP Kelas VIII

 

 





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

MATEMATIKA

 

KELAS 8 SEMESTER 1

TAHUN PELAJARAN 2021/2022





NAMA SEKOLAH                 :  SMP KRISTEN HARURU

DESA/KELURAHAN             :  HARURU

KECAMATAN                        :  AMAHAI

KOTA/KABUPATEN             :  MASOHI/MALUKU TENGAH

WALI  KELAS                        :  .................................................

NIP                                         : ..................................................

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

Sekolah           : SMP KRISTEN HARURU

Mata Pelajaran            : Matematika

Kelas/Semester            : VIII / 1 (Ganjil)

Alokasi Waktu            : 80 Menit

Materi Pokok : Pola Bilangan



·         TUJUAN PEMBELAJARAN

Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik dapat:

  • Mengidentifikasi pengertian pola bilangan
  • Mengidentifikasi pengertian pola konfigurasi objek
  • Menjelaskan salah satu konteks yang terkait dengan pola bilangan
  • Menjelaskan salah satu konfigurasi objek yang terkait dengan 
  • Mengidentifikasi pola bilangan dari suatu barisan
  • Memahami cara memilih strategi dan aturan-aturan yang sesuai untuk memecahkan suatu permasalahan
  • Menjelaskan keterkaitan antar suku-suku pola bilangan atau bentuk-bentuk pada konfigurasi objek
  • Mengenal pola bilangan, barisan dan pola umumnya untuk menyelesaikan masalah nyata serta menemukan masalah baru.
  • Melakukan eksperimen untuk menggeneralisasi pola bilangan atau konfigurasi objek
  • Menyajikan hasil pembelajaran tentang pola bilangan

 

Media Pembelajaran & Sumber Belajar

Media

:

Laptop, LCD, Power Point, Internet

Sumber Belajar

:

As’ari, Abdur Rahman, dkk.. (2016). Matematika Jilid I untuk SMP Kelas VIII.  Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.



·         KEGIATAN PEMBELAJARAN

Pertemuan Ke-1

Pendahuluan (15 menit)

1.

Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran, memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin

2.

Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya serta mengajukan pertanyaan untuk mengingat dan menghubungkan dengan materi selanjutnya.

3.

Menyampaikan motivasi tentang apa yang dapat diperoleh (tujuan & manfaat) dengan mempelajari materi : 

Pola Bilangan Ganjil

4.

Menjelaskan hal-hal yang akan dipelajari, kompetensi yang akan dicapai, serta metode belajar yang akan ditempuh,

Kegiatan Inti

(50 Menit)

KEGIATAN LITERASI

·         Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi Pola Bilangan Ganjil.

CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)

·         Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Pola Bilangan Ganjil.

COLLABORATION (KERJASAMA)

·         Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Pola Bilangan Ganjil.

COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)

·         Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan

CREATIVITY (KREATIVITAS)

·         Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Pola Bilangan Ganjil. Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami

Penutup (15 menit)

1.

Peserta didik membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan. 

2.

Guru membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.



·         PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN

  • Penilaian Pengetahuan         : Tertulis Uraian dan atau Pilihan Ganda, Tes Lisan/Observasi Terhadap Diskusi, Tanya Jawab dan Percakapan dan Penugasan

Penilaian Keterampilan     : Penilaian Unjuk Kerja, Penilaian Proyek, Penilaian Produk, Penilaian Portofolio

Tidak ada komentar:

Posting Komentar