RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN ( RPP )
MATEMATIKA
KELAS 8 SEMESTER 1
TAHUN PELAJARAN 2021/2022
NAMA SEKOLAH : SMP KRISTEN HARURU
DESA/KELURAHAN : HARURU
KECAMATAN : AMAHAI
KOTA/KABUPATEN : MASOHI/MALUKU TENGAH
WALI KELAS : .................................................
NIP : ..................................................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SMP
KRISTEN HARURU Mata Pelajaran :
Matematika |
Kelas/Semester :
VIII / 1 (Ganjil) Alokasi Waktu :
80 Menit |
Materi Pokok : Pola Bilangan |
·
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta
didik dapat:
- Mengidentifikasi pengertian pola bilangan
- Mengidentifikasi pengertian pola konfigurasi objek
- Menjelaskan salah satu konteks yang terkait dengan pola
bilangan
- Menjelaskan salah satu konfigurasi objek yang terkait
dengan
- Mengidentifikasi pola bilangan dari suatu barisan
- Memahami cara memilih strategi dan aturan-aturan yang
sesuai untuk memecahkan suatu permasalahan
- Menjelaskan keterkaitan antar suku-suku pola bilangan
atau bentuk-bentuk pada konfigurasi objek
- Mengenal pola bilangan, barisan dan pola umumnya untuk
menyelesaikan masalah nyata serta menemukan masalah baru.
- Melakukan eksperimen untuk menggeneralisasi pola
bilangan atau konfigurasi objek
- Menyajikan hasil pembelajaran tentang pola bilangan
Media Pembelajaran & Sumber Belajar |
|||
Media |
: |
Laptop, LCD, Power
Point, Internet |
|
Sumber Belajar |
: |
As’ari, Abdur Rahman,
dkk.. (2016). Matematika Jilid I untuk SMP Kelas VIII. Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. |
·
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Pertemuan Ke-1 |
|
Pendahuluan (15 menit) |
|
1. |
Melakukan pembukaan
dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran, memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin |
2. |
Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya serta mengajukan
pertanyaan untuk mengingat dan menghubungkan dengan materi selanjutnya. |
3. |
Menyampaikan motivasi tentang apa yang dapat
diperoleh (tujuan & manfaat) dengan mempelajari materi : Pola Bilangan Ganjil. |
4. |
Menjelaskan hal-hal
yang akan dipelajari, kompetensi yang akan dicapai, serta metode belajar yang
akan ditempuh, |
Kegiatan Inti (50 Menit) |
KEGIATAN LITERASI |
·
Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat,
mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan
bahan bacaan terkait materi Pola Bilangan Ganjil. |
|
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) |
|
·
Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke
pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan
dengan materi Pola Bilangan Ganjil. |
|
COLLABORATION (KERJASAMA) |
|
·
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk
mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling
bertukar informasi mengenai Pola Bilangan Ganjil. |
|
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI) |
|
·
Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok atau
individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang
dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang
mempresentasikan |
|
CREATIVITY (KREATIVITAS) |
|
·
Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang
telah dipelajari terkait Pola Bilangan Ganjil. Peserta didik
kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum
dipahami |
|
Penutup (15 menit) |
|
1. |
Peserta didik membuat
rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam
kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan. |
2. |
Guru membuat
rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam
kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan. |
·
PENILAIAN
HASIL PEMBELAJARAN
- Penilaian Pengetahuan
: Tertulis Uraian dan atau
Pilihan Ganda, Tes Lisan/Observasi Terhadap Diskusi, Tanya Jawab dan
Percakapan dan Penugasan
Penilaian Keterampilan :
Penilaian Unjuk Kerja, Penilaian Proyek, Penilaian Produk, Penilaian Portofolio
Tidak ada komentar:
Posting Komentar