Satuan Pendidikan |
: |
SMP KRISTEN HARURU |
|
Mata Pelajaran |
: |
Matematika |
|
Kelas/Semester |
: |
VII / 1-2 (Ganjil
& Genap) |
|
Tahun Pelajaran |
: |
2021/2022 |
|
Standar Kompetensi
(KI) |
|||
KI-1 dan KI-2 |
: |
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya serta Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli,
dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan
perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan
alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional. |
|
KI-3 |
: |
Memahami dan
menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada
tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata. |
|
KI-4 |
: |
Menunjukkan
keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif,
kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah
abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang teori. |
Kompetensi Dasar |
Materi Pemebelajaran |
Indikator |
Nilai Karakter |
Kegiatan Pembelajaran |
Alokasi Waktu |
Sumber Belajar |
Penilaian |
3.1 Menjelaskan dan menentukan urutan pada bilangan bulat (positif
dan negatif) dan pecahan (biasa, campuran, desimal, persen) |
Bilangan Bulat dan Pecahan: ·
Membandingkan bilangan bulat dan pecahan ·
Mengurutkan bilangan bulat dan pecahan ·
Operasi dan sifatsifat operasi hitung bilangan bulat dan pecahan ·
Mengubah bentuk bilangan pecahan ·
Menyatakan bilangan dalam bentuk bilangan berpangkat bulat
positif ·
Kelipatan persekutuan terkecil (KPK) ·
Faktor persekutuan terbesar (FPB) |
1. Menjelaskan urutan pada bilangan bulat dan
pecahan 2. Mengurutkan bilangan, negative, bilangan
positif, bilangan bulat, bilangan pecahan, bilangan asli dan bilangan cacah 3. Menentukan suatu pola sebuah bilangan |
·
Religius ·
Mandiri ·
Gotong royong ·
Kejujuran ·
Kerja keras ·
Percaya diri ·
Kerja sama |
·
Mencermati permasalahan seharihari yang berkaitan dengan
penggunaan bilangan bulat, Misal: zona pembagian waktu berdasarkan GMT
(Greenwich Meredian Time), hasil pengukuran suhu dengan termometer, kedalaman
di bawah permukaan laut, ketinggian gedung, pohon atau daratan ·
Mencermati urutan bilangan, sifatsifat operasi hitung bilangan
bulat, kelipatan persekutuan dan faktor persekutuan serta penerapannya ·
Mencermati permasalahan seharihari yang berkaitan dengan
penggunaan pecahan. Misal: pembagian potongan kue, potongan buah, potongan
gambar, potongan selembar kain/kertas, pembagian air dalam gelas, dan
sebagainya ·
Mengumpulkan informasi tentang KPK dan FPB serta dua teknik
menemukannya (pohon faktor dan pembagian bersusun) ·
Mengumpulkan informasitentang bagaimana menyatakan bilangan
dalam bentuk pangkat bulat ·
Mengumpulkan informasi tentang sifatsifat penjumlahan dan
pengurangan bilangan bulat, perkalian dan pembagian pada bilangan bulat dan
pecahan ·
Menyajikan secara tertulis atau lisan hasil pembelajaran tentang
perbandingan bilangan bulat, penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat,
perkalian dan pembagian bilangan bulat, kelipatan dan faktor bilangan bulat,
perbandingan bilangan pecahan, pengali dan pembagi bilangan pecahan, dan
bilangan rasional ·
Memecahkan masalah yang berkaitan dengan perbandingan bilangan
bulat, penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat, perkalian dan pembagian
bilangan bulat, kelipatan dan faktor bilangan bulat, perbandingan bilangan
pecahan, pengali dan pembagi bilangan pecahan, dan bilangan rasional |
35 JP |
·
As’ari, Abdur Rahman, dkk.. (2016). Matematika Jilid I untuk SMP
Kelas VII. Edisi Revisi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. ·
Internet |
·
Lisan ·
Tertulis ·
Penugasan ·
Unjukkerja ·
Portofolio |
4.1 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan urutan beberapa
bilangan bulat dan pecahan (biasa, campuran, desimal, persen) |
1. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
urutan beberapa bilangan bulat dan pecahan (biasa, campuran, desimal, persen) |
||||||
3.2 Menjelaskan dan melakukan operasi hitung bilangan bulat dan
pecahan dengan memanfaatkan berbagai sifat operasi |
1. Menyebutkan sifat-sifat operasi bilangan bulat
dan pecahan 2. Menjelaskan berbagai sifat operasi hitung yang
melibatkan bilangan bulat dan pecahan 3. Menentukan hasil operasi hitung bilangan bulat
dan bilangan pecahan dengan memanfaatkan berbagai sifat operasi |
||||||
4.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi hitung
bilangan bulat dan pecahan |
1. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi
hitung bilangan bulat dan pecahan |
||||||
3.3 Menjelaskan dan menentukan representasi bilangan dalam bentuk
bilangan berpangkat bulat positif dan negatif |
1. Menyatakan suatu bilangan dalam bentuk
bilangan berpangkat bulat 2. Menjelaskan representasi bilangan dalam bentuk
bilangan berpangkat bulat positif dan negative 3. Menentukan representasi bilangan dalam bentuk
bilangan berpangkat bulat positif dan negatif |
||||||
4.3 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bilangan dalam
bentuk bilangan berpangkat bulat positif dan negatif |
1. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
bilangan dalam bentuk bilangan berpangkat bulat positif dan negatif |
||||||
3.4 Menjelaskan himpunan, himpunan bagian, himpunan semesta,
himpunan kosong, komplemen himpunan, dan melakukan operasi biner pada
himpunan menggunakan masalah kontekstual |
Himpunan ·
Menyatakan himpunan ·
Himpunan bagian, kosong, semesta ·
Hubungan antar himpunan ·
Operasi pada himpunan ·
Komplemen himpunan |
1. Menyatakan masalah
sehari-hari dalam bentuk himpunan dan
mendata anggotanya; 2. Menyebutkan anggota dan bukan anggota
himpunan; 3. Menyajikan himpunan dengan menyebutkan
anggotanya 4. Menyajikan himpunan dengan menuliskan sifat
yang dimilikinya 5. Menyajikan himpunan dengan notasi pembentuk
himpunan 6. Menyatakan himpunan kosong 7. Menyatakan himpunan semesta dari suatu
himpunan 8. Menggambar diagram Venn dari suatu himpunan 9. Membaca diagram Venn dari suatu himpunan 10. Menyatakan kardinalitas dari suatu himpunan 11. Menyebutkan himpunan bagian dari suatu
himpunan 12. Menyatakan himpunan kuasa dari suatu himpunan 13. Menyatakan kesamaan dari suatu himpunan 14. Menyatakan irisan dari dua himpunan 15. Menyatakan gabungan dari dua himpunan 16. Menyatakan komplemen dari suatu himpunan 17. Menyatakan selisih dari dua himpunan 18. Menyatakan sifat-sifat dari operasi himpunan 19. Penggunaan himpunan dalam masalah kontekstual |
·
Religius ·
Mandiri ·
Gotong royong ·
Kejujuran ·
Kerja keras ·
Percaya diri ·
Kerja sama |
·
Mengamati penggunaan himpunan dalam kehidupan seharihari. Misal:
kumpulan hewan, tumbuhan, buah-buahan, kendaraan bermotor, alat tulis,
sukusuku yang ada di Indonesia. ·
Mencermati permasalahan yang berkaitan dengan himpunan bagian,
himpunan semesta, himpunan kosong, anggota himpunan, himpunan kuasa, kesamaan
dua himpunan, irisan antar himpunan, gabungan antar himpunan, komplemen
himpunan, selisih, dan sifat-sifat operasi himpunan ·
Mengumpulkan informasi mengenai sifat identitas, sifat
komutatif, sifat asosiatif, dan sifat distributif pada himpunan ·
Menyajikan hasil pembelajaran tentang himpunan dan sifatsifat
operasi himpunan ·
Memecahkan masalah yang terkait dengan himpunan dan
sifatsifatnya |
20 JP |
·
As’ari, Abdur Rahman, dkk.. (2016). Matematika Jilid I untuk SMP
Kelas VII. Edisi Revisi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. ·
Internet |
·
Lisan ·
Tertulis ·
Penugasan ·
Unjukkerja ·
Portofolio |
4.4 Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan
himpunan, himpunan bagian, himpunan semesta, himpunan kosong, komplemen
himpunan dan operasi biner pada himpunan |
1. Menyelesaikan masalah kontekstual yang
berkaitan dengan diagram Venn 2. Menyelesaikan masalah kontekstual yang
berkaitan dengan irisan dua himpunan 3. Menyelesaikan masalah
kontekstual yang berkaitan dengan gabungan dari
dua himpunan 4. Menyelesaikan masalah kontekstual yang
berkaitan dengan komplemen dari suatu himpunan 5. Menyelesaikan masalah kontekstual yang
berkaitan dengan selisih dari dua himpunan 6. Menyelesaikan masalah sehari-hari yang
berkaitan dengan operasi himpunan |
||||||
3.5 Menjelaskan bentuk aljabar dan melakukan operasi pada bentuk
aljabar (penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian) |
Bentuk Aljabar ·
Menjelaskan koefesien, variabel, konstanta, dan suku pada bentuk
aljabar ·
Operasi hitung bentuk aljabar ·
Penyederhanaan bentuk aljabar |
1. Mengenal bentuk aljabar 2. Mengidentifikasi unsur-unsur bentuk aljabar 3. Menyelesaikan operasi penjumlahan dan
pengurangan bentuk aljabar 4. Menyelesaikan operasi perkalian bentuk aljabar 5. Menyelesaikan operasi pembagian bentuk aljabar 6. Menyajikan permasalahan nyata dalam bentuk
aljabar |
·
Religius ·
Mandiri ·
Gotong royong ·
Kejujuran ·
Kerja keras ·
Percaya diri ·
Kerja sama |
·
Mencermati masalah sehari-hari yang berkaitan dengan penggunaan
konsep bentuk aljabar ·
Mencermati bentuk aljabar dari berbagai model bentuk,
penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar yang disajikan, cara menyederhanakan
bentuk aljabar ·
Menyajikan hasil pembelajaran tentang bentuk aljabar, operasi
hitung aljabar, dan penyederhanaan bentuk aljabar ·
Memecahkan masalah yang berkaitan dengan bentuk aljabar, operasi
bentuk aljabar, serta penyederhanaan bentuk aljabar |
15 JP |
·
As’ari, Abdur Rahman, dkk.. (2016). Matematika Jilid I untuk SMP
Kelas VII. Edisi Revisi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. ·
Internet |
·
Lisan ·
Tertulis ·
Penugasan ·
Unjukkerja ·
Portofolio |
4.5 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bentuk aljabar dan
operasi pada bentuk aljabar |
1. Menyelesaikan bentuk aljabar dalam masalah
nyata 2. Menyelesaikan masalah kontesktual pada operasi
bentuk aljabar 3. Menyelesaikan masalah nyata pada operasi
bentuk aljabar |
||||||
3.6 Menjelaskan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel
dan penyelesaiannya |
Persamaan dan pertidaksamaan linear satu
variable ·
Pernyataan ·
Kalimat terbuka ·
Penyelesaian persamaan linear satu variabel dan pertidaksamaan
linear satu variable |
1. Menentukan nilai variabel
dalam persamaan linear satu variabel. 2. Menentukan nilai variabel dalam pertidaksamaan
linear satu variabel. 3. Mengubah masalah yang
berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linear satu
variabel menjadi model matematika. |
·
Religius ·
Mandiri ·
Gotong royong ·
Kejujuran ·
Kerja keras ·
Percaya diri ·
Kerja sama |
·
Mencermati permasalahan seharihari yang berkaitan dengan
persamaan linear satu variabel. Misal: panas benda dengan ukuran panjang,
kecepatan dan jarak tempuh ·
Mengumpulkan informasi penyelesaian persamaan dan pertidaksamaan
linear satu variabel melalui manipulasi aljabar untuk menentukan bentuk
paling sederhana ·
Menyajikan hasil pembelajaran tentang persamaan linear satu
variabel, bentuk setara persamaan linear satu variabel, dan konsep
pertidaksamaan ·
Memecahkan masalah tentang persamaan dan pertidaksamaan linear
satu variable |
15 JP |
·
As’ari, Abdur Rahman, dkk.. (2016). Matematika Jilid I untuk SMP
Kelas VII. Edisi Revisi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. ·
Internet |
·
Lisan ·
Tertulis ·
Penugasan ·
Unjukkerja ·
Portofolio |
4.6 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan persamaan dan
pertidaksamaan linear satu variabel |
1. Menyelesaikan masalah nyata
yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linear satu
variabel |
||||||
3.7 Menjelaskan rasio dua besaran (satuannya sama dan berbeda) |
Perbandingan ·
Membandingan dua besaran ·
Perbandingan senilai ·
Perbandingan berbalik nilai |
3.7.1. Membedakan masalah yang
berkaitan dengan perbandingan (rasio) dan yang bukan. 3.7.2. Menjelaskan tarif, kelajuan, kurs dari satuan yang berbeda. |
·
Religius ·
Mandiri ·
Gotong royong ·
Kejujuran ·
Kerja keras ·
Percaya diri ·
Kerja sama |
·
Mencermati permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan
penggunaan konsep rasio atau perbandingan. Misal: peta, denah, maket, foto,
komposisi bahan makanan pada resep, campuran minuman, dan komposisi obat pada
resep obat ·
Mengumpulkan informasi tentang model matematika dari
konsep perbandingan sebagai hubungan fungsional antara suatu besaran dengan
besaran lain berbentuk perbandingan senilai, perbandingan berbalik nilai ·
Mengumpulkan informasi mengenai strategi menyelesaikan masalah
nyata yang melibatkan konsep perbandingan ·
Menyajikan hasil pembelajaran perbandingan senilai dan berbalik
nilai ·
Memecahkan masalah yang berkaitan dengan perbandingan senilai
den berbalik nilai |
10 JP |
·
As’ari, Abdur Rahman, dkk.. (2016). Matematika Jilid I untuk SMP
Kelas VII. Edisi Revisi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. ·
Internet |
·
Lisan ·
Tertulis ·
Penugasan ·
Unjukkerja ·
Portofolio |
4.7 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan rasio dua besaran
(satuannya sama dan berbeda) |
4.7.1. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
perbandingan (rasio). |
||||||
3.8 Membedakan perbandingan senilai dan berbalik nilai dengan
menggunakan tabel data, grafik, dan persamaan |
3.8.1. Menentukan perbandingan yang ekuivalen. 3.8.2. Menjelaskan perbandingan senilai (proporsi)
sebagai suatu pernyataan dari dua perbandingan yang ekuivalen 5 : 2 = 10 :
4. 3.8.3. Membuat suatu perbandingan senilai untuk
menentukan nilai x dalam 5 : 2 = 10 : x. 3.8.4. Membedakan masalah perbandingan senilai
dan berbalik nilai dengan menggunakan tabel, grafik dan
persamaan. |
||||||
4.8 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbandingan senilai
dan berbalik nilai |
4.8.1. Menggunakan berbagai macam strategi
termasuk tabel dan grafik untuk menyelesaikan masalah
perbandingan senilai dan berbalik nilai. |
||||||
3.9 Mengenal dan menganalisis berbagai situasi terkait aritmetika
sosial (penjualan, pembelian, potongan, keuntungan, kerugian, bunga tunggal,
persentase, bruto, neto, tara) |
Aritmetika Sosial ·
Harga penjualan dan pembelian ·
Keuntungan, kerugian, dan impas ·
Persentase untung dan rugi ·
Diskon ·
Pajak ·
Bruto, tara, dan netto ·
Bunga tunggal |
3.9.1. Mengenal fenomena atau aktivitas yang terkait
dengan aritmetika sosial (penjualan, pembelian, potongan, keuntungan,
kerugian, bunga tunggal, persentase, bruto, neto, tara) 3.9.2. Mendapatkan informasi yang terkait dengan
artimetika sosial 3.9.3. Menentukan hubungan antara penjualan,
pembelian, untung, dan rugi 3.9.4. Menentukan bunga tunggal dan pajak 3.9.5. Menentukan hubungan antara, bruto, neto, dan tara |
·
Religius ·
Mandiri ·
Gotong royong ·
Kejujuran ·
Kerja keras ·
Percaya diri ·
Kerja sama |
·
Mencermati kegiatan-kegiatan sehari-hari berkaitan dengan
transaksi jual beli, kondisi untung, rugi, dan impas ·
Mencermati cara menentukan diskon dan pajak dari suatu barang ·
Mengamati konteks dalam kehidupan di sekitar yang terkait dengan
bruto, neto, dan tara ·
Mengumpulkan informasi tentang cara melakukan manipulasi aljabar
terhadap permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan artimetika sosial ·
Menyajikan hasil pembelajaran tentang aritmetika sosial ·
Memecahkan masalah yang berkaitan dengan artimetika sosial |
25 JP |
·
As’ari, Abdur Rahman, dkk.. (2016). Matematika Jilid I untuk SMP
Kelas VII. Edisi Revisi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. ·
Internet |
·
Lisan ·
Tertulis ·
Penugasan ·
Unjukkerja ·
Portofolio |
4.9 Menyelesaikan masalah berkaitan dengan aritmetika sosial
(penjualan, pembelian, potongan, keuntungan, kerugian, bunga tunggal,
persentase, bruto, neto, tara) |
4.9.1. Memecahkan masalah terkait dengan artimetika sosial baik
melalui tanya jawab, diskusi, atau, presentasi. |
||||||
3.10 Menganalisis hubungan antar sudut sebagai akibat dari dua garis
sejajar yang dipotong oleh garis transversal |
Garis dan Sudut ·
Garis ·
Kedudukan garis ·
Membagi garis ·
Perbandingan ruas garis ·
Pengertian sudut ·
Jenis-jenis sudut ·
Hubungan antar sudut ·
Melukis dan sudut |
3.10.1 Memahami dan menjelaskan hubungan antar
garis 3.10.2 Menjelaskan kedudukan dua garis (sejajar,
berhimpit, berpotongan) melalui benda kongkrit 3.10.3 Membagi garis menjadi beberapa bagian sama
panjang 3.10.4 Mengukur besar sudut dengan busur derajat 3.10.5 Menjelaskan perbedaan jenis sudut (siku,
lancip, tumpul) 3.10.6 Melukis sudut yang besarnya sama dengan yang
diketahui 3.10.7 Membagi sudut menjadi dua sama besar 3.10.8 Menentukan sudut berpelurus dan berpenyiku 3.10.9 Menemukan sifat sudut jika dua garis sejajar dipotong garis
transversal |
·
Religius ·
Mandiri ·
Gotong royong ·
Kejujuran ·
Kerja keras ·
Percaya diri ·
Kerja sama |
·
Mencermati model gambar atau objek yang menyatakan titik, garis,
bidang, atau sudut ·
Mencermati permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan
penerapan konsep garis dan sudut ·
Mencermati kedudukan dua garis, jenis-jenis sudut,
hubungan antar sudut ·
Mencermati sudut-sudut yang terbentuk dari dua garis yang
dipotong oleh garis transversal ·
Mencermati cara melukis dan membagi sudut menggunakan jangka ·
Menyajikan hasil pembelajaran tentang garis dan sudut ·
Memecahkan masalah yang berkaitan dengan garis dan sudut |
20 JP |
·
As’ari, Abdur Rahman, dkk.. (2016). Matematika Jilid I untuk SMP
Kelas VII. Edisi Revisi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. ·
Internet |
·
Lisan ·
Tertulis ·
Penugasan ·
Unjukkerja ·
Portofolio |
4.10 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan hubungan antar sudut
sebagai akibat dari dua garis sejajar yang dipotong oleh garis transversal |
4.10.1 Menggunakan sifat-sifat sudut dan garis untuk
menyelesaikan soal 4.10.2 Menyelesaikan soal sehari-hari dengan menggunakan sifat-sifat
sudut yang terjadi jika dua garis sejajar dipotong oleh garis lain |
||||||
3.11 Mengaitkan rumus keliling dan luas untuk berbagai jenis
segiempat (persegi, persegipanjang, belahketupat, jajargenjang, trapesium,
dan layang-layang) dan segitiga |
Segiempat dan segitiga ·
Pengertian segi empat dan segitiga ·
Jenis-jenis dan sifat-sifat bangun datar ·
Keliling dan luas segi empat dan segitiga ·
Menaksir luas bangun datar yang tak beraturan |
1. Mengenal dan memahami bangun datar segiempat
dan segitiga 2. Memahami jenis dan sifat persegi, persegi
panjang, trapezium,jajargenjang, belahketupat dan layang-layang menurut
sifatnya. 3. Menjelaskan sifat-sifat persegi panjang,
persegi, trapesium, jajargenjang, belahketupat dan layang-layang ditinjau
dari sisi, sudut dan diagonalnya. 4. Menjelaskan jenis-jenis segitiga berdasarkan
sisi dan sudutnya 5. Menemukan jenis segitiga berdasarkan
sifat-sifatnya 6. Memahami keliling dan luas persegi, persegi
panjang, trapesium, jajargenjang, belahketupat dan layang-layang 7. Memahami keliling dan luas segitiga 8. Memahami garis-garis istimewa pada segitiga |
·
Religius ·
Mandiri ·
Gotong royong ·
Kejujuran ·
Kerja keras ·
Percaya diri ·
Kerja sama |
·
Mencermati benda di lingkungan sekitar berkaitan dengan
bentuk segitiga dan segiempat ·
Mengumpulkan informasi tentang unsur-unsur pada segiempat dan
segitiga ·
Mengumpulkan informasi tentang jenis, sifat dan karakteristik
segitiga dan segiempat berdasarkan ukuran dan hubungan antar sudut dan
sisi-sisi ·
Mengumpulkan informasi tentang rumus keliling dan luas segiempat
dan segitiga melalui pengamatan atau eksperimen ·
Mengumpulkan informasi tentang cara menaksir luas bangun datar
tidak beraturan menggunakan pendekatan luas segitiga dan segiempat ·
Menyajikan hasil pembelajaran tentang segiempat dan segitiga ·
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan segiempat dan
segitiga |
15 JP |
·
As’ari, Abdur Rahman, dkk.. (2016). Matematika Jilid I untuk SMP
Kelas VII. Edisi Revisi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. ·
Internet |
·
Lisan ·
Tertulis ·
Penugasan ·
Unjukkerja ·
Portofolio |
4.11 Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan luas dan
keliling segiempat (persegi, persegipanjang, belahketupat, jajargenjang,
trapesium, dan layang-layang) dan segitiga |
1. Menyelesaikan masalah dalam kehidupan
sehari-hari dengan menggunakan sifat-sifat segiempat dan segitiga. 2. Menerapkan konsep keliling dan luas segiempat
dan segitiga untuk menyelesaikan masalah 3. Menyelesaikan soal penerapan bangun datar segi
empat 4. Menaksir Luas Bangun Datar tidak Beraturan |
||||||
3.12 Menganalisis hubungan antara data dengan cara penyajiannya
(tabel, diagram garis, diagram batang, dan diagram lingkaran) |
Penyajian Data: ·
Jenis data ·
Tabel ·
Diagram garis ·
Diagram batang ·
Diagram lingkaran |
1. Mengenal data dalam kehidupan sehari-hari 2. Memahami cara mengumpulkan data 3. Mengolah data 4. Membaca diagram batang, diagram garis dan
diagram lingkaran |
·
Religius ·
Mandiri ·
Gotong royong ·
Kejujuran ·
Kerja keras ·
Percaya diri ·
Kerja sama |
·
Mencermati penyajian
data tentang informasi di sekitar yang disajikan dengan tabel, ataupun
diagram dari berbagai sumber media. Misal: koran, majalah, dan televisi ·
Mencermati cara penyajian data dalam bentuk tabel, diagram
garis, diagram batang, dan diagram lingkaran ·
Mengumpulkan informasi tentang jenis data yang sesuai untuk
disajikan dalam bentuk bentuk tabel, diagram garis, diagram batang, dan
diagram lingkaran ·
Mengumpulkan informasi tentang cara menafsirkan data yang
disajikan dalam bentuk tabel, diagram garis, diagram batang, dan
diagram lingkaran ·
Menyajikan hasil pembelajaran tentang penyajian data dalam
bentuk tabel, diagram batang, garis, dan lingkaran ·
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penyajian data dalam
bentuk tabel, diagram batang, garis, dan lingkaran |
20 JP |
·
As’ari, Abdur Rahman, dkk.. (2016). Matematika Jilid I untuk SMP
Kelas VII. Edisi Revisi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. ·
Internet |
·
Lisan ·
Tertulis ·
Penugasan ·
Unjukkerja ·
Portofolio |
4.12 Menyajikan dan menafsirkan data dalam bentuk tabel, diagram
garis, diagram batang, dan diagram lingkaran |
1. Menyajikan data dalam bentuk diagram batang 2. Menyajikan data dalam bentuk diagram garis 3. Menyajikan data dalam bentuk diagram lingkaran 4. Menafsirkan diagram batang, diagram garis dan
diagram lingkaran |
Mengetahui, Kepala Sekolah
………………………………. NIP……... ………………….. |
………………………….. Guru Mata Pelajaran
………………………………. NIP……... ………………….. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar