Satuan Pendidikan |
: |
SMP KRISTEN HARURU |
|
Mata Pelajaran |
: |
Matematika |
|
Kelas/Semester |
: |
IX / 1-2 (Ganjil &
Genap) |
|
Alokasi Waktu |
: |
||
Tahun Pelajaran |
: |
2021/2022 |
|
Standar Kompetensi
(KI) |
|||
KI-1 dan KI-2 |
: |
Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang
dianutnya serta Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin,
santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara
efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah,
masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional. |
|
KI-3 |
: |
Memahami dan
menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada
tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata. |
|
KI-4 |
: |
Menunjukkan
keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif,
kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah
abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang teori. |
Kompetensi Dasar |
Materi Pemebelajaran |
Indikator |
Nilai Karakter |
Kegiatan Pembelajaran |
Alokasi Waktu |
Sumber Belajar |
Penilaian |
3.1 Menjelaskan dan melakukan operasi
bilangan berpangkat bilangan rasional dan bentuk akar, serta sifat-sifatnya |
Bilangan Berpangkat dan Bentuk Akar ·
Bilangan berpangkat
bilangan bulat (bilangan berpangkat bulat positif, sifat-sifat operasi bilangan
berpangkat, sifat perpangkatan bilangan berpangkat) ·
Bilangan berpangkat
bulat negatif dan nol (bilangan berpangkat bulat negatif, bilangan berpangkat nol ·
Bentuk akar ·
Merasionalkan bentuk
akar |
·
Mengidentifikasi
konsep bilangan berpangkat ·
Mengidentifikasi
notasi bilangan berpangkat ·
Memahami bilangan
bentuk akar ·
Memahami cara
menentukan nilai perpangkatan ·
Memahami pengertian
notasi ilmiah (bentuk baku) ·
Mengidentifikasi
Pangkat bilangan pecahan ·
Mengidentifikasi
perkalian pada perpangkatan dengan basis yang sama ·
Mengidentifikasi
perkalian perpangkatan pada bilangan berpangkat ·
Mengidentifikasi
perpangkatan pada perkalian bilangan ·
Mengidentifikasi
pembagian dua bilangan berpangkat dengan basis yang sama. ·
Menyederhanakan
operasi pada perpangkatan |
·
Religius ·
Mandiri ·
Gotong royong ·
Kejujuran ·
Kerja keras ·
Percaya diri ·
Kerja sama |
·
Mengamati penggunaan
bilangan tentang bilangan yang disajikan dalam bentuk berpangkat bulat,
bentuk akar dan pangkat pecahan, operasi aljabar yang melibatkan bilangan
berpangkat bulat dan bentuk akar dalam kehidupan sehari-hari ·
Mencermati sifat-sifat
operasi yang melibatkan bilangan berpangkat bulat atau pecahan ·
Menyajikan hasil
pembelajaran ·
Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan bilangan berpangkat bulat dan bentuk akar, serta sifat-sifatnya |
40 JP |
·
Buku Penunjang
Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Matematika, Kelas IX, Kemendikbud, Revisi
Tahun 2016 ·
Internet |
·
Lisan ·
Tertulis ·
Penugasan ·
Unjukkerja ·
Portofolio |
4.1 Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan sifat-sifat operasi bilangan berpangkat bulat dan bentuk
akar |
·
Menyajikan hasil
pembelajaran bilangan berpangkat bulat dan bentuk akar, serta
sifat-sifatnya ·
Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan bilangan berpangkat bulat dan bentuk akar, serta
sifat-sifatnya |
||||||
3.2 Menjelaskan persamaan kuadrat dan
karakteristiknya berdasarkan akar-akarnya serta cara penyelesaiannya |
Persamaan Kuadrat ·
Persamaan kuadrat ·
Pemfaktoran persamaan
kuadrat ·
Akar persamaan kuadrat ·
Penyelesaian persamaan
kuadrat ·
Pemecahan masalah yang
melibatkan persamaan kuadrat |
·
Menjelaskan
permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan persamaan kuadrat ·
Menganalisis
faktor-faktor bentuk aljabar dalam persamaan kuadrat, penyelesaian
(akar-akar) dari persamaan kuadrat, cara menentukan akar-akar persamaan
kuadrat
·
Mengidentifikasi hasil
jumlah dan hasil kali akar-akar persamaan kuadrat |
·
Religius ·
Mandiri ·
Gotong royong ·
Kejujuran ·
Kerja keras ·
Percaya diri ·
Kerja sama |
·
Mencermati
permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan persamaan kuadrat ·
Mencermati
faktor-faktor bentuk aljabar dalam persamaan kuadrat, penyelesaian
(akar-akar) dari persamaan kuadrat, cara menentukan akar-akar persamaan
kuadrat
·
Mengumpulkan informasi
tentang hasil jumlah dan hasil kali akar-akar persamaan kuadrat ·
Menyajikan hasil
pembelajaran persamaan kuadrat ·
Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan persamaan kuadrat |
25 JP |
·
Buku Penunjang
Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Matematika, Kelas IX, Kemendikbud, Revisi
Tahun 2016 ·
Internet |
·
Lisan ·
Tertulis ·
Penugasan ·
Unjukkerja ·
Portofolio |
4.2 Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan persamaan kuadrat |
·
Menyajikan hasil
pembelajaran persamaan kuadrat ·
Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan persamaan kuadrat |
||||||
3.3 Menjelaskan fungsi kuadrat dengan
menggunakan tabel, persamaan, dan grafik |
Fungsi Kuadrat ·
Fungsi kuadrat dengan
tabel, grafik, dan persamaan ·
Sifat-sifat fungsi
kuadrat ·
Nilai maksimum ·
Nilai minimum ·
Pemecahan masalah
melibatkan sifat-sifat fungsi kuadrat |
·
Mengidentifikasi
pengertian fungsi kuadrat ·
Mengidentifikasi
sifat-sifat fungsi kuadrat berdasarkan koefisiennya. ·
Menentukan sumbu
simetri dan nilai optimum fungsi kuadrat ·
Memahami cara
menggambar grafik fungsi kuadrat ·
Menentukan fungsi
kuadrat dari berbagai informasi yang tersedia ·
Mengidentifikasi
langkah-langkah penyelesaian permasalahan nyata dengan menggunakan fungsi
kuadrat ·
Memahami cara
menentukan nilai minimum atau maksimum dari suatu fungsi kuadrat ·
Menganalisis bentuk
grafik fungsi dikaitkan dengan konstanta suku-sukunya (membuka ke atas, ke
bawah, ke kanan, atau ke kiri) |
·
Religius ·
Mandiri ·
Gotong royong ·
Kejujuran ·
Kerja keras ·
Percaya diri ·
Kerja sama |
·
Mengamati model atau
permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan fungsi kuadrat ·
Mencermati fungsi
kuadrat yang disajikan dalam bentuk tabel, grafik, dan persamaan ·
Mencermati cara
menggambar sketsa grafik fungsi kuadrat, bentuk grafik fungsi dikaitkan
dengan konstanta suku-sukunya (membuka ke atas, ke bawah, ke kanan, atau ke
kiri) ·
Menganalisis
keterkaitan antara fungsi kuadrat, grafik fungsi kuadrat, dan persamaan
kuadrat ·
Menganalisis bentuk
grafik fungsi dikaitkan dengan diskriminannya (memotong sumbu koordinat
Kartesius di dua titik berbeda, menyinggung sumbu koordinat Kartesius, tidak
memotong sumbu koordinat Kartesius) ·
Mencermati cara menentukan
nilai minimum atau maksimum dari suatu fungsi kuadrat ·
Menganalisis bentuk
grafik fungsi dikaitkan dengan konstanta suku-sukunya (membuka ke atas, ke
bawah, ke kanan, atau ke kiri) ·
Menyajikan hasil
pembelajaran tentang fungsi kuadrat ·
Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan fungsi kuadrat |
40 JP |
·
Buku Penunjang
Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Matematika, Kelas IX, Kemendikbud, Revisi
Tahun 2016 ·
Internet |
·
Lisan ·
Tertulis ·
Penugasan ·
Unjukkerja ·
Portofolio |
4.3 Menyajikan fungsi kuadrat
menggunakan tabel, persamaan, dan grafik |
·
Menentukan nilai
minimum atau maksimum dari suatu fungsi kuadrat ·
Menyajikan fungsi
kuadrat menggunakan tabel, persamaan, dan grafik |
||||||
3.4 Menjelaskan hubungan antara
koefisien dan diskriminan fungsi kuadrat dengan grafiknya |
·
Menganalisis bentuk
grafik fungsi dikaitkan dengan diskriminannya (memotong sumbu koordinat
Kartesius di dua titik berbeda, menyinggung sumbu koordinat Kartesius, tidak
memotong sumbu koordinat Kartesius) ·
Mencermati cara
menentukan nilai minimum atau maksimum dari suatu fungsi kuadrat ·
Menganalisis bentuk
grafik fungsi dikaitkan dengan konstanta suku-sukunya (membuka ke atas, ke
bawah, ke kanan, atau ke kiri) |
·
Religius ·
Mandiri ·
Gotong royong ·
Kejujuran ·
Kerja keras ·
Percaya diri ·
Kerja sama |
·
Buku Penunjang
Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Matematika, Kelas IX, Kemendikbud, Revisi
Tahun 2016 ·
Internet |
·
Lisan ·
Tertulis ·
Penugasan ·
Unjukkerja ·
Portofolio |
|||
4.4 Menyajikan dan menyelesaikan
masalah kontekstual dengan menggunakan sifat-sifat fungsi kuadrat |
·
Menyajikan hasil
pembelajaran tentang fungsi kuadrat ·
Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan fungsi kuadrat |
||||||
3.5 Menjelaskan transformasi geometri
(refleksi, translasi, rotasi, dan dilatasi) yang dihubungkan dengan masalah
kontekstual |
Transformasi ·
Translasi ·
Refleksi ·
Rotasi (Perputaran) ·
Dilatasi |
·
Menjelaskan
transformasi Translasi ·
Menjelaskan
transformasi Refleksi ·
Menjelaskan
transformasi Rotasi (Perputaran) ·
Menjelaskan
transformasi Dilatasi ·
Mengidentifikasi
masalah di sekitar yang melibatkan transformasi (refleksi, translasi,
rotasi, dan dilatasi) |
·
Religius ·
Mandiri ·
Gotong royong ·
Kejujuran ·
Kerja keras ·
Percaya diri ·
Kerja sama |
·
Mengamati demontrasi
tentang refleksi, translasi, rotasi, dan dilatasi ·
Mencermati masalah di
sekitar yang melibatkan transformasi (refleksi, translasi, rotasi, dan
dilatasi) ·
Melakukan percobaan
untuk menentukan hubungan antara suatu titik dengan titik hasil transformasi
(refleksi, translasi, rotasi, dan dilatasi) ·
Menyajikan hasil
pembelajaran tentang transformasi (refleksi, translasi, rotasi, dan
dilatasi) ·
Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan transformasi |
20 JP |
·
Buku Penunjang
Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Matematika, Kelas IX, Kemendikbud, Revisi
Tahun 2016 ·
Internet |
·
Lisan ·
Tertulis ·
Penugasan ·
Unjukkerja ·
Portofolio |
4.5 Menyelesaikan masalah kontekstual
yang berkaitan dengan transformasi geometri (refleksi, translasi, rotasi, dan
dilatasi) |
·
Melakukan percobaan
untuk menentukan hubungan antara suatu titik dengan titik hasil transformasi (refleksi,
translasi, rotasi, dan dilatasi) ·
Menyajikan hasil
pembelajaran tentang transformasi (refleksi, translasi, rotasi, dan
dilatasi) ·
Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan transformasi |
||||||
3.6 Menjelaskan dan menentukan
kesebangunan dan kekongruenan antar bangun datar |
Kesebangunan dan Kekongruenan ·
Kesebangunan dua
bangun datar ·
Segitiga-segitiga
sebangun ·
Segitiga-segitiga
kongruen ·
Pemecahan masalah yang
melibatkan kesebangunan dan kekongruenan |
·
Menjelaskan
Kesebangunan dua bangun datar ·
Menentukan
kesebangunan dan kekongruenan segitiga-segitiga sebangun ·
Menentukan
kesebangunan dan kekongruenan segitiga-segitiga kongruen ·
Mengidentifikasi benda
di sekitar yang berkaitan dengan kesebangunan dan kekongruenan bangun
datar ·
Mencermati ukuran sisi
dan sudut pada bangun datar yang sebangun atau kongruen ·
Mengidentifikasi
perbandingan sisi dan sudut antara bangun datar sebangun atau konguren
|
·
Religius ·
Mandiri ·
Gotong royong ·
Kejujuran ·
Kerja keras ·
Percaya diri ·
Kerja sama |
·
Mencermati ukuran sisi
dan sudut pada bangun datar yang sebangun atau kongruen ·
Mencermati
perbandingan sisi dan sudut antara bangun datar sebangun atau konguren
·
Menyajikan hasil
pembelajaran tentang kesebangunan dan kekongruenan ·
Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan kesebangunan dan kekongruenan |
20 JP |
·
Buku Penunjang
Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Matematika, Kelas IX, Kemendikbud, Revisi
Tahun 2016 ·
Internet |
·
Lisan ·
Tertulis ·
Penugasan ·
Unjukkerja ·
Portofolio |
4.6 Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan kesebangunan dan kekongruenan antar bangun datar |
·
Menyajikan hasil
pembelajaran tentang kesebangunan dan kekongruenan ·
Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan kesebangunan dan kekongruenan |
||||||
3.7 Membuat generalisasi luas
permukaan dan volume berbagai bangun ruang sisi lengkung (tabung, kerucut,
dan bola) |
Bangun Ruang Sisi Lengkung ·
Tabung ·
Kerucut ·
Bola ·
Luas Permukaan:
tabung, kerucut, dan bola ·
Volume: tabung,
kerucut dan bola ·
Pemecahan masalah yang
melibatkan bangun ruang sisi lengkung |
·
Membuat generalisasi
luas permukaan dan volume bangun ruang sisi lengkung tabung ·
Membuat generalisasi
luas permukaan dan volume bangun ruang sisi lengkung kerucut ·
Membuat generalisasi
luas permukaan dan volume bangun ruang sisi lengkung bola ·
Mengidentifikasi model
atau benda di sekitar yang berkaitan dengan bangun ruang sisi lengkung ·
Mengidentifikasi
unsur-unsur bangun ruang sisi lengkung (tabung, kerucut, dan bola) melalui
gambar, video atau benda nyata ·
Mengidentifikasi
bentuk dan ukuran sisi jaring-jaring tabung, kerucut, dan bola |
·
Religius ·
Mandiri ·
Gotong royong ·
Kejujuran ·
Kerja keras ·
Percaya diri ·
Kerja sama |
·
Mencermati model atau
benda di sekitar yang berkaitan dengan bangun ruang sisi lengkung ·
Mencermati unsur-unsur
bangun ruang sisi lengkung (tabung, kerucut, dan bola) melalui gambar, video
atau benda nyata ·
Mencermati bentuk dan
ukuran sisi jaring-jaring tabung, kerucut, dan bola ·
Melakukan percobaan
untuk menemukan rumus luas permukaan dan rumus volumen bangun ruang sisi
lengkung (tabung, kerucut, dan bola) ·
Menyajikan hasil
pembelajaran tentang ·
Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan bangun ruang sisi lengkung (tabung, kerucut, dan bola) |
40 JP |
·
Buku Penunjang
Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Matematika, Kelas IX, Kemendikbud, Revisi
Tahun 2016 ·
Internet |
·
Lisan ·
Tertulis ·
Penugasan ·
Unjukkerja ·
Portofolio |
4.7 Menyelesaikan masalah kontekstual
yang berkaitan dengan luas permukaan dan volume bangun ruang sisi lengkung
(tabung, kerucut, dan bola), serta gabungan beberapa bangun ruang sisi
lengkung |
·
Melakukan percobaan
untuk menemukan rumus luas permukaan dan rumus volumen bangun ruang sisi
lengkung (tabung, kerucut, dan bola) ·
Menyajikan hasil
pembelajaran tentang bangun ruang sisi lengkung (tabung, kerucut, dan
bola), serta gabungan beberapa bangun ruang sisi lengkung ·
Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan bangun ruang sisi lengkung (tabung, kerucut, dan bola) |
Mengetahui, Kepala Sekolah …………………………. NIP. …………………… |
Guru Mata Pelajaran ………………………….… NIP. ……………………… |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar